Apa saja yang terdapat di insert?

KOMPAS.com Microcoft Word merupakan salah satu program dalam paket Microsoft Office. Dilansir dari Computer Hope, Microsoft Word memungkinkan pembuatan dokumen, laporan, surat, dan resume. Microsoft Word memiliki banyak fitur, salah satunya adalah fungsi insert.

Fungsi insert dalam Microsoft Word

Berikut penjelasan fungsi-fungsi insert dalam Microsoft Word adalah:

Mengatur halaman dokumen

Insert memiliki fungsi untuk mengatur halaman dokumen melalui menu cover page, blank page, dan juga page break. Melancir dari Computer Teaching, cover break berfungsi membuat halaman sampul dengan berbagai desain yang bisa dipilih.

Blank page berfungsi membuat halaman kosong di dalam dokumen. Sedangkan page break untuk mengakhiri halaman dalam suatu dokumen. Dengan page break, penghentian halaman bisa dilakukan di mana saja tanpa perlu menunggu akhir dokumen.

Baca juga: Cara Menggabungkan Dokumen pada Microsoft Word

Memasukkan rumus dan simbol

Fasilitas pada microsoft word yang disediakan untuk menuliskan rumus atau notasi matematika yang tidak terdapat pada keyboard adalah insert simbol. Menu symbols dalam insert terdiri dari dua yaitu equation dan symbol.

Equation berfungsi memasukkan rumus yang panjang dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Adapun symbol berfungsi memasukkan notasi matematika dan simbol yang tidak ada pada keyboard.

Membuat tabel

Fungsi Tables dalam insert berfungsi untuk membuat tabel di dalam dokumen dengan desain dan ukuran yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

Menyisipkan ilustrasi

Insert juga memungkinkan kita menyisipkan ilustrasi dari kelompok perintang Illustration. Dalam illustration kita dapat memiliki untuk memasukkan gambar, berbagai bentuk geometri, ikon, grafik hierarki, grafik informasi, model tiga dimensi, dan juga tangkapan layar ke dalam dokumen.

Baca juga: Fungsi SMALL dan LARGE pada Microsoft Excel

Menyisipkan tambahan informasi dari luar Microsoft Word

Menu Add-ins dalam insert memungkinkan kita untuk menyisipkan tambahan informasi dari program lain di luar Microsoft Word. Dengan Add-ins kita daoat menambahkan informasi dari Wikipedia, ekstensi fitur, dan juga emotikon.

Menyisipkan video

Microsoft Word selain menyajikan tulisan dan gambar, juga dapat menyajikan video melalui fasilitas Online Video Media. Melalui Online Video Media, kita dapat memasukkan video ke dalam dokumen Word yang berasal dari situs maupun YouTube.

Menyisipkan alamat

Fungsi Links dalam insert memungkinkan kita untuk menyisipkan alam melalui Hyperlink, Bookmark, dan Cross-reference. Penjelasannya, yaitu:

  • Hyperlink berguna memasukkan alamat suatu dokumen ataupun situs internet ke dalam dokumen.
  • Bookmark berfungsi menandai bagian tertentu dari dokumen, sehingga mudah ditemukan.
  • Cross-reference berfungsi memperbaharui dokumen secara otomatis.
Menyisipkan komentar

Fungsi comments dalam insert berfungsi untuk memberikan komentar di luar lembar kerja dokumen, sehingga tidak menganggu tampilan dokumen.

Baca juga: Fungsi ROUNDUP pada Microsoft Excel

Menyisipkan teks

Text box berfungsi memasukkan kotak teks dengan berbagai macam desain sesuai kebutuhan.

Menu Text box pada insert terdiri dari menyisipkan text melalui text box, explore quick parts, wordart, drop cap, signature line, insert date and time, dan juga object. Berikut penjelasannya:

  • Explore quick parts berfungsi membuat, menyimpan, dan menggunakan kembali konten dokumen yang sudah memiliki format tertentu.
  • Wordart berfungsi membuat graffiti suatu teks atau membuat teks menjadi lebih estetik dengan desain yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.
  • Drop cap berfungsi membuat satu huruf menjadi besar dan mengatur posisi huruf lainnya yang berukuran normal.
  • Signature line berfungsi untuk menambahkan tanda tangan ke dalam halaman dokumen.
  • Insert date and time berfungsi untuk memasukkan jam dan tanggal hari pembuatan dokumen dengan desain yang dapat dipilih sesuai dengan selera.
  • Object berfungsi memasukkan dokumen lain dengan berbagai format dan memasukkan gambar yang kita buat sendiri ke dalam dokumen.

Baca juga: Fungsi ROUNDUP pada Microsoft Excel

Menyisipkan keterang pada halaman

Menu Header & Footer pada insert berfungsi untuk memberikan keterangan di bagian kepala maupun kaki dokumen.

Menyadur dari situs resmi Microsoft, menu ini memungkinkan kita membuat satu header dan footer untuk seluruh dokumen, maupun header atau footer yang berbeda untuk halaman ganjil genap.

Menu Header & Footer juga berguna untuk menyisipkan nomor halaman dokumen, mengatur penomoran, dan juga posisi nomor halaman tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa saja yang terdapat dalam menu insert?

Menu Insert berfungsi untuk menyisipkan/memasukkan objek yaitu berupa; Teks/tulisan, bentuk, gambar, dan lainnya.

Apa yang tidak ada dalam insert?

Jawaban ini terverifikasi Berikut ini yang tidak terdapat dalam menu insert dalam power point adalah paste.

Apakah header ada di menu insert?

Menu Header & Footer pada insert berfungsi untuk memberikan keterangan di bagian kepala maupun kaki dokumen. Menyadur dari situs resmi Microsoft, menu ini memungkinkan kita membuat satu header dan footer untuk seluruh dokumen, maupun header atau footer yang berbeda untuk halaman ganjil genap.