Cara membasmi kecoa di kamar tidur

Ilustrasi kecoak. ©Shutterstock.com/Sayanjo65

Merdeka.com - Kecoak merupakan salah satu serangga yang dapat berkembangbiak dengan cepat. Dalam satu kali bertelur, kecoak dapat menghasilkan 40 telur diimbangi dengan pertumbuhan yang sangat cepat. Tidak heran, di rumah, mudah dijumpai kecoak yang mencari makan hingga ke kamar. Kecoak suka dengan tumpahan makanan yang tercecer di dapur hingga kamar tidur.

Diyakini bahwa kecoak dapat menjadi reservoir bagi berbagai bakteri termasuk salmonella, staphylococcus, dan streptococcus. Kecoak juga bisa menjadi sarang virus seperti virus polio. Tubuh serangga ini mungil, memungkinkan kecoak menyelinap ke dalam kamar dengan mudah. Tentu bagi orang yang takut dan jijik kepada kecoak tidak bisa tinggal diam. Berbagai cara mengusir kecoak akan dilakukan demi menjauhkan serangga ini.

Umumnya, untuk mengusir kecoak, orang akan menggunakan tongkat atau sapu untuk membunuhnya pertama kali. Namun hal ini tidak menjamin kecoak lain akan berhenti menyelinap mencari makanan. Ada beberapa cara mengusir kecoak di kamar secara alami yang dapat dipraktikkan dengan mudah.

Cara mengusir kecoak di kamar dengan bahan alami bisa menggunakan baking soda, daun salam, lemon, mentimun, kopi dan masih banyak lagi. Selain aman, cara alami juga efektif untuk mengusir kecoak. Berikut ulasannya melansir dari Liputan6.com

2 dari 3 halaman

Cara Mengusir Kecoak di Kamar dengan Efektif

©2013 Merdeka.com/trbimg.com


1. Membuat Perangkap dengan Kopi atau Minyak

Cara mengusir kecoak di kamar salah satunya dengan menggunakan kopi atau minyak. Langkahnya cukup mudah, yakni dengan menggunakan botol plastik bekas, yang telah dibelah. Masukkan umpan dan bahan penjebak ke dalam botol. Kamu bisa menggunakan kopi yang dicampur air atau minyak.

Kecoak menyukai bau kopi, kecoak akan merangkak naik lalu mencari bau kopi. Setelah dapat, adanya minyak dan air akan menjebak kecoak dan tidak akan bisa kembali memanjat.

2. Cara Mengusir kecoak dengan Daun Salam

Selain sebagai rempah pengharum masakan, daun salam ternyata juga dapat mengusir kecoak secara alami.

Daun salam dikenal sebagai salah satu solusi rumah terbaik untuk kecoak. Semprotan daun salam ini akan membuat kecoak di rumah Anda berlarian pergi.

Cara mengusir kecoak di kamar adalah cukup hancurkan sedikit daun salam dan tinggalkan di dekat sudut dan celah tempat kecoak bersembunyi. Anda juga bisa meletakkan segenggam di bagian bawah tong sampah.

3. Cara Mengusir kecoak dengan Baking Soda

Baking soda secara sederhana adalah pembunuh kecoak yang ampuh. Baking soda adalah agen ragi yang digunakan dalam memanggang, ini berarti bahwa ketika bersentuhan dengan air, ia akan mengembang.

Campurkan baking soda dan gula dengan jumlah yang sama, lalu taburkan di sudut-sudut dan tempat kecoak biasa lewat. Ini merupakan cara mengusir kecoak di kamar secara alami yang mudah dipraktikkan. Gula akan menarik kecoak dan ketika mengkonsumsi zat itu ia akan mati.

4. Cara Mengusir Kecoak dengan Mentimun

Siapa sangka, mentimun bisa jadi cara mengusir kecoak di kamar rumah. Ternyata binatang satu ini tidak menyukai aroma yang dikeluarkan dari mentimun.

Ini merupakan cara mengusir kecoak di kamar yang mudah dipraktikkan. Anda cukup mengiris mentimun dan menaruhnya dalam wadah seperti mangkuk. Selain itu, letakkan wadah berisi mentimun pada area atau sarang kecoak.

Cara ini juga ampuh saat ditaruh di jalur masuk kecoak untuk mencegah binatang tersebut masuk ke rumah.

5. Cara Mengusir Kecoak dengan Lemon

Mungkin sudah banyak yang tahu buah lemon adalah sumber vitamin C. Selain vitamin C, zat anti pathogenic yang ada di dalamnya mampu mengusir kecoak beserta mencegah pertumbuhan kuman yang menjadi habitatnya.

Cara mengusir kecoak di kamar dengan lemon bisa dilakukan dengan menyemprotkan air perasan lemon pada sudut kamar dalam rumah yang kerap didatangi kecoak. Mulailah kebiasaan untuk pel rumah dengan air dicampur perasan jeruk lemon agar mencegah kecoak datang kembali.

3 dari 3 halaman

Cara Mengusir Kecoa Secara Alami

©Shutterstock/ponsulak

6. Cara Mengusir kecoak dengan Peppermint

Kecoak benci bau minyak dan aroma peppermint. Minyak peppermint bertindak sebagai insektisida alami yang tidak hanya membuat kecoak di mabuk tetapi juga untuk membunuh mereka.

Buat pengusir kecoak dengan mengisi botol semprot dengan air dan menambahkan dua puluh tetes minyak peppermint ke dalam air. Semprotan ini 100% tidak beracun dan aman digunakan di sekitar hewan peliharaan dan anak-anak.

Cara mengusir kecoak di rumah dengan minyak peppermint ini adalah dengan menyemprotkannya sesering mungkin di area tempat kecoak bersembunyi. Ini merupakan cara mengusir kecoak di rumah yang mudah dipraktikkan.

7. Cara Mengusir Kecoak dengan Kapur Barus

Kapur barus salah satu obat untuk mengusir kecoak. Kamu bisa tebarkan kapur barus di pojok-pojok ruang. Ini merupakan cara mengusir kecoak di rumah yang mudah dipraktikkan. Wangi kapur barus tidak disukai kecoak dan dapat mengusir kecoak sehingga tidak datang lagi. Namun hati-hati, hindari menaruh kapur barus di dekat makanan atau lemari makanan.

8. Cara Mengusir Kecoak dengan Tanah Diatom

Bagian fosil dari makhluk air kecil yang dikenal sebagai diatom membentuk apa yang dikenal sebagai tanah diatom atau DE. Zat total beracun pada tanah ini bersifat abrasif dan ketika kecoak bersentuhan dengan DE, zat ini akan mengeringkan lapisan tubuh kecoak.

Pastikan untuk hanya menggunakan food grade DE yang aman di rumah. Untuk membuat DE menarik bagi kecoak, tambahkan gula ke dalamnya. Cara mengusir kecoak di rumah adalah oleskan lapisan DE yang banyak ke celah-celah dan tempat-tempat lain di mana kecoak mungkin bersembunyi.

9. Cara Mengusir Kecoa dengan Menutup Saluran Air

Cara mengusir kecoak di rumah selanjutnya adalah dengan menutup saluran air yang bocor. Kecoak dapat bertahan hidup satu bulan tanpa makanan, namun ia tak bisa bertahan hidup lebih dari satu minggu tanpa air.

Tak heran kalau kecoak suka sekali bersarang di tempat-tempat lembap dan basah seperti di bawah wastafel atau saluran air.

Oleh karena itu, periksa dan teliti setiap saluran air yang ada di rumah, termasuk pipa wastafel kamar mandi, dapur, atau pipa keran kamar mandi. Segera perbaiki jika terjadi kebocoran pipa air di rumah.

10. Cara Mengusir Kecoa dengan Membersihkan Tempat Makan

Terkadang kecoak masuk ke dalam rumah untuk mendapatkan makanan. Makanan yang tercecer di meja atau lantai dapat mengundang kecoak masuk ke dalam rumah.

Apabila ada sisa makanan tercecer, segera bersihkan makanan tersebut. Ini merupakan cara mengusir kecoak di rumah yang mudah dipraktikkan. Selain itu bersihkan gelas, mangkuk, genangan pot, spons basah hingga handuk adalah tempat favorit kecoa mencari makan.

[Ibr]

Apa yang ditakuti oleh kecoa?

Tak hanya tidak menyukai wangi daun salam, ternyata kecoak juga sangat tidak suka bebauan seperti lavender, minyak kayu putih, dan tea tree oil, juga peppermint, lho. Nah, hal itu dikarenakan aroma tersebut menutupi bau makanan yang jadi incaran si kecoak.

Kenapa bisa ada kecoa di kamar?

Sehingga dapat disimpulkan bahwa arti banyak kecoa di rumah pertanda adanya kebutuhan dasar kecoa yang mereka dapat temukan di rumah Anda, misalnya: Tersedianya sumber makanan kecoa. Terdapat cukup sumber air dan kelembaban yang kecoa butuhkan. Adanya tempat untuk kecoa bersarang dan berkembangbiak.

Basmi kecoa pakai apa?

Cara Mengusir Kecoa Secara Alami, Praktis dan Ampuh.
Aroma Daun Salam. Daun salam merupakan daun rempah dengan aroma yang sangat wangi. ... .
2. Asam Borat. ... .
3. Timun. ... .
4. Soda Kue dan Gula. ... .
Aroma Bubuk Kopi Segar. ... .
6. Perasan Jeruk Lemon. ... .
7. Minyak Esensial dengan Aroma Tumbuhan. ... .
8. Larutan Pelembut Kain..

Kenapa kecoa selalu muncul di malam hari?

Mengapa banyak kecoa keluar di malam hari? Kecoa tidak aktif di siang hari dan hanya mencari sumber makanan di malam hari. Mengapa demikian? Ini karena kecoa tergolong sebagai hama atau hewan nokturnal.