Cara mengetahui History pengguna WiFi IndiHome

  • SSL (Secure Sockets Layer)
  • Cara Mengetahui History Pengguna WiFi
    • Cara Mengetahui History WiFi Menggunakan Wireshark
    • Secure Sockets Layer
    • Menggunakan Custom Firmware Pada Router

Apabila pemilik WiFi Indihome ingin mengetahui konten apa saja yang diakses melalui jaringan WiFi miliknya, mereka bisa menggunakan aplikasi seperti firmware, wireshark ataupun perangkat tambahan seperti router khusus untuk mengetahui apa yang dibuka melalui WiFi miliknya.

Lalu apakah Indihome bisa mengetahui history internet dari para pelanggannya? Tentu saja, mereka bisa mengetahui website apa saja yang pelanggannya akses menggunakan jaringan Indihome.

SSL (Secure Sockets Layer)

Tetapi Anda tidak perlu khawatir jika informasi pribadi Anda seperti password, username atau informasi perbankan Anda juga diketahui oleh Indihome, karena website-website pada umumnya sudah mengadopsi SSL.

SSL atau Secure Sockets Layer merupakan protokol keamanan yang mengenkripsi setiap informasi yang ditukar dari pengguna dengan web server sehingga tidak bisa diketahui oleh orang lain. Ciri sebuah website yang menggunakan SSL adalah menggunakan awalan https:// bukan http://.

Jika Anda sangat peduli pada privasi, dan tidak ingin ada satu orang pun yang mengetahui aktivitas internet Anda, Anda bisa menggunakan VPN.

Cara Mengetahui History Pengguna WiFi

Cara Mengetahui History WiFi Menggunakan Wireshark

Cara untuk mengetahui history pengguna WiFi yang pertama adalah dengan menggunakan Wireshark. Wireshark adalah perangkat lunak (software) yang dapat digunakan untuk melakukan analisis paket data pada jaringan secara real time, serta menampilkan hasilnya dalam format yang mudah dipahami oleh pengguna.

Wireshark dapat melakukan proses sniffing, packet filtering, serta fitur-fitur lain yang memungkinkan penggunanya untuk melihat detail traffic jaringan dan inspeksi paket data secara individu.

Anda juga bisa memantau segala kegiatan transfer data yang sedang terjadi pada jaringan WiFi yang diinginkan, termasuk history akses website. Nah, berikut langkah-langkah untuk melihat history WiFi menggunakan software Wireshark.

  1. Unduh dan Install Wireshark di perangkat PC.
  2. Buka software Wireshark dan jangan lupa untuk memastikan bahwa PC Anda sudah tersambung dengan jaringan WiFi.
  3. Pilih opsi WiFi sebagai jaringan yang ingin dipantau pada tabel Interface List, lalu klik Start.
  4. Selanjutnya, ketik http pada kolom filter, dan tekan Enter untuk melihat website yang sedang dibuka pada jaringan WiFi.
  5. Anda bisa memilih pada Hypertext Transfer Protocol di bagian bawah untuk melihat nama website yang sedang dibuka. Anda juga bisa melihat bagian Source jika ingin mengetahui alamat IP pembuka website.

Secure Sockets Layer

Meskipun demikian, Anda tidak bisa menerapkan cara untuk melihat history WiFi menggunakan Wireshark jika website yang diakses menggunakan Secure Sockets Layer (SSL). Anda tidak akan bisa membaca data-data penting yang diisi pada website tersebut, seperti informasi personal, password, atau PIN perbankan.

Hal ini dikarenakan data-data yang dikirim oleh HTTPS akan terenkripsi, sehingga lebih aman dibanding HTTP. Hampir semua situs-situs website terkenal sudah menggunakan protokol keamanan ini, seperti Google, Facebook, Twitter, dan lainnya.

Menggunakan Custom Firmware Pada Router

Sebelum membahas tentang bagaimana cara melihat history pengguna WiFi menggunakan Firmware pada router. Anda perlu mengetahui bahwa router yang merupakan perangkat jaringan bekerja dengan sebuah Firmware atau sistem operasi didalamnya. Sistem operasi atau Firmware tersebut sudah didesain dan di install oleh perusahaan produsen router untuk membuat router bekerja dengan sebagaimana yang di inginkan oleh mereka.

Jika Router yang Anda miliki atau gunakan sekarang tidak menyediakan fitur yang Anda perlukan, Anda bisa menginstall custom firmware, Anda bisa mencari custom firmware yang mendukung fitur URL logging untuk melihat history WiFi.

Artikel wikiHow ini menjelaskan cara melihat riwayat penelusuran di ruter (router) WiFi menggunakan peramban (browser) web. Beberapa ruter produksi baru, misalnya Spectrum, mungkin tidak memperbolehkan Anda mengakses dasbor admin ruter.

Langkah

  1. 1

    Cari tahu alamat IP Anda. Alamat ini kadang-kadang ditempatkan di bagian bawah ruter. Anda juga bisa mencarinya dengan memeriksa Settings (pada Windows) atau Preferences (untuk Mac).

    • Pada Windows 10, Anda bisa melakukannya dengan membuka Settings > Network & Internet > View your network properties. Carilah deretan angka yang terdapat di sebelah "Default Gateway".
    • Pada Mac, klik logo Apple, lalu klik System Preferences > Network > Advanced. Carilah alamatnya di samping "Router" yang terdapat di dalam tab TCP/IP.

  2. 2

    Salin alamat IP tersebut. Alamat IP berbentuk sederet angka yang berisi 8 karakter.

  3. 3

    Tempelkan (paste) alamat IP ke dalam kolom alamat peramban web. Halaman log masuk (login) ruter akan ditampilkan.

  4. 4

    Masuklah menggunakan nama pengguna dan kata sandi admin ruter. Jika tidak pernah diubah, nama pengguna dan kata sandi biasanya ditempatkan di bagian bawah ruter.

    • Ruter keluaran baru, misalnya Spectrum, tidak memiliki ini.

  5. 5

    Lihatlah riwayat Anda. Masing-masing merek ruter mempunyai tata letak situs yang tidak sama, tetapi Anda akan menemukan tautan atau tab untuk menampilkan riwayat dan catatan Wi-Fi.[1]

    • Anda bisa melihat daftar situs (ditampilkan dalam bentuk alamat IP) yang pernah dikunjungi ruter. Untuk melihat aktivitas yang dilakukan perangkat tertentu, carilah alamat IP-nya (di area yang hampir mirip dengan "Device List"), dan periksa catatan aktivitas yang dilakukan dari alamat IP tersebut.[2]

    Iklan

  • Jika seseorang di dalam jaringan menggunakan VPN (jaringan yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi web secara rahasia), datanya akan dienkripsi sehingga Anda tidak bisa melihat situs yang pernah dia kunjungi.

Iklan

Tentang wikiHow ini

Halaman ini telah diakses sebanyak 19.804 kali.

Apakah artikel ini membantu Anda?

Apakah orang yang memakai WiFi IndiHome bisa melihat history?

Apakah router wifi yang digunakan admin indihome melacak riwayat internet? Ya, router WiFi menyimpan log, dan pemilik WiFi dapat melihat situs web apa yang Anda buka, sehingga riwayat penelusuran WiFi Anda sama sekali tidak disembunyikan.

Bagaimana cara melihat history WiFi IndiHome?

Apabila Anda berhasil login, nantinya akan langsung diarahkan ke menu utama. Anda bisa klik Status dan klik User Device Information yang ada di bagian kiri untuk melihat aktivitas pengguna WiFi. Dalam menu tersebut, Anda juga bisa melihat identitas jaringan pengguna WiFi.

Apakah history web pengguna WiFi bisa dilihat oleh pemilik WiFi?

Adanya sistem kriptografi, maka pihak SSL maupun pemilik WiFi yang ingin melihat daftar riwayat penelusuran dari para penggunanya pun tidak akan bisa mengetahui secara spesifik informasi yang ada di dalam halamn tersebut meskipun sudah mengetahui alamat situs yang dituju oleh si penggunanya.

Bagaimana cara cek history WiFi?

Cara Melihat History WiFi di Handphone.
Buka halaman Settings pada handphone yang digunakan..
Masuk ke bagian Connections jika menggunakan Android..
Klik menu WiFi..
Jika daftar WiFi yang sebelumnya belum tampak, klik More (ikon titik tiga).
Pilih Advanced..
Buka menu Manage Network..