Cara mengobati sakit leher sebelah kiri

Pasundan Ekspres – Nyeri pada bagian leher adalah hal yang lumrah terjadi, terlebih lagi bagi para pekerja kantoran. Terdapat sejumlah hal yang menjadi penyebab nyeri leher yang tentu saja dapat mengganggu kegiatan.

Penyebab nyeri leher pada umumnya disebabkan oleh:

  • Postur tidur yang kurang baik,
  • Adanya ketegangan serta stres,
  • Duduk bersandar selama berjam-jam,
  • Berbaring di kasur yang terlalu empuk,
  • Postur tubuh yang buruk.
  • Ketegangan otot dan cedera pada leher

Sangat penting untuk mendiagnosis dan mengatasi masalah nyeri leher ini sejak dini untuk mencegah menjadi lebih buruk. Pertolongan pertama, bisa mencoba pengobatan rumahan secara alami untuk membantu meringankan rasa nyeri pada leher seperti penjelasan yang dilansir dari Stylecraze.

Jitu! 7 Cara Mengatasi Sakit Leher Sebelah Kiri dan Kanan ini Patut Dicoba

1. Olahraga

Olahraga dengan latihan penguatan tergantung pada penambahan beban pada otot secara progresif, dapat membuat lebih kuat dan fleksibel.

Manfaat Olahraga, selain mengurangi kekakuan, juga dapat membantu meredakan nyeri leher dan membuat leher fleksibel serta kuat.

Melakukan serangkaian latihan sederhana bisa membantu untuk meredakan nyeri leher yaitu dengan cara mengangguk kepala Anda ke depan dan ke belakang selama beberapa waktu, dan kemudian secara bertahap mulai mengangguk dari satu sisi ke sisi lain.

Lalu, setelah otot-otot merasa kurang tegang, perlahan-lahan putar kepala sepenuhnya ke arah kiri, kemudian sepenuhnya ke arah kanan. Bisa saja agak sedikit menyakitkan, jadi sebaiknya lakukan dengan perlahan dengan 20 pengulangan. Lakukan latihan ini setiap beberapa jam, dan coba rasakan apakan kekakuan mereda?

2. Yoga

Stres adalah salah satu pemicu yang dapat menyebabkan ketegangan otot.

Untuk itu, menjalankan teknik relaksasi tradisional, seperti yoga, dapat membantu tubuh menjadi santai dan meredakan ketegangan di sekitar leher dan bahu.

3. Minyak Atsiri

Minyak peppermint yang satu ini mempunyai sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan otot yang sakit.

Minyak lavender sering digunakan sebagai aromaterapi untuk menenangkan pikiran. Hal ini juga dapat menenangkan otot-otot tubuh. Menghilangkan stres dan kecemasan juga dapat membantu meredakan ketegangan fisik.

Minyak kemangi bersifat antispasmodik dan analgesik. Minyak itu tentu saja berguna untuk mengurangi stres dan dapat digunakan untuk mengurangi nyeri leher.

4. Akupunktur

Akupunktur merupakan metode jarum kecil dimasukkan ke titik-titik tertentu dan strategis pada kulit.

Metode seperti ini sudah banyak digunakan untuk mengobati segala jenis rasa sakit, dan penelitian merekomendasikan akupunktur menjadi salah satu alternatif pengobatan tradisional untuk bantuan jangka pendek dari sakit leher.

5. Cuka Sari Apel

Sari apel merupakan obat rumahan yang cukup baik untuk mengatasi rasa sakit leher dan kekakuan. Antioksidan dan agen anti-inflamasi yang terdapat dalam cuka sari apel dapat meredakan stres pada otot leher dan tentu saja mengurangi rasa sakit.

6. Terapi Pijat

Pijat diketahui juga dapat menyembuhkan rasa sakit di tubuh dan membantu untuk tidur lebih nyenyak. Pijat lembut atau gosok area yang sakit guna merangsang aliran darah dan meredakan ketegangan pada otot.

7. Kompres Es

Es disebut-sebut dapat membantu mengurangi peradangan pada otot usah melakukan aktivitas berat.

Melakukan kompres dengan es dapat meningkatkan vasodilatasi subkutan, yang memungkinkan aliran darah yang didinginkan kembali ke otot yang sakit pada leher. (Jpnn/Jni)

Ilustrasi. Apa yang harus dilakukan jika sakit leher melanda? Simak 7 cara mengatasi sakit leher supaya cepat membaik dan nyaman beraktivitas kembali. (iStock/PeopleImages)

Jakarta, CNN Indonesia --

Sakit leher menyebabkan rasa nyeri serta kaku di bagian leher. Umumnya, sakit leher bukanlah masalah serius dan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Meski begitu, kondisi ini dapat menimbulkan rasa tak nyaman terlebih ketika beraktivitas. Lantas pertolongan pertama apa yang harus dilakukan jika sakit leher melanda? Simak cara mengatasi sakit leher supaya cepat membaik.

Lihat Juga :

9 Penyebab Sakit Leher Sebelah Kanan

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Dilansir , sakit leher yang menyebabkan ketegangan otot biasanya dipengaruhi oleh banyak hal, termasuk kebiasaan sehari-hari atau efek samping olahraga berlebih.

Seperti terkilir, tidur dengan posisi kurang nyaman, menyentak leher saat berolahraga, terlalu lama menunduk, terlalu lama duduk di meja tanpa mengubah posisi, dan sebagainya.

Apabila Anda sedang merasakan sakit leher dan rasa nyerinya tergolong ringan, sebaiknya coba beberapa cara di bawah ini yang bisa dilakukan di rumah.

1. Peregangan

Ilustrasi. Apa yang harus dilakukan jika sakit leher? Anda bisa melakukan peregangan ringan untuk mengatasi sakit leher. (iStockphoto/Maridav)

Hal pertama yang bisa Anda coba lakukan saat sakit leher yaitu peregangan. Gerakan peregangan ini jangan terlalu dipaksakan, tapi cobalah pelan-pelan.

Yaitu dengan cara memutar pundak ke arah depan dan belakang. Kemudian tekan perlahan tulang belikat sambil menoleh ke kiri dan kanan bergantian.

Gerakan peregangan ini bisa dicoba setelah Anda mandi dengan air hangat atau ketika sedang menggunakan koyo panas, supaya efeknya lebih terasa.


2. Pijat

Pijat termasuk salah satu cara untuk meredakan sakit leher. Teknik memijat leher yang sakit ini memang tidak boleh sembarangan.

Anda bisa meminta pertolongan ke tempat pijat terpercaya untuk membantu meregangkan bagian leher yang nyeri.Atau dapat dicoba teknik berikut, tapi harus dilakukan pelan-pelan.

Yaitu letakkan kedua tangan di leher bagian belakang lalu tekan ke arah atas dan bawah, sambil sesekali pijat ke bagian pundak. Cara ini bisa dipraktikkan sampai rasa sakitnya reda.

3. Kompres hangat

Ilustrasi. Cara mengatasi sakit leher dengan mengompres hangat. (iStockphoto/Sasiistock)

Cara mengatasi sakit leher selanjutnya bisa menggunakan kompres hangat. Kompres hangat berguna untuk melancarkan peredaran darah sekaligus meringankan keluhan seperti nyeri sendi dan otot kaku. 

Cara menggunakan kompres hangat sangat mudah. Celupkan waslap bersih ke air hangat, lalu peras sampai tidak ada air yang menetes. Setelah itu, tempelkan waslap hangat ke bagian leher. Lakukan ini sampai sakit lehernya berkurang.

4. Tidur dengan bantal khusus

Salah satu penyebab leher sakit bisa dikarenakan oleh posisi tidur yang salah sehingga terjadi cedera.

Di kondisi ini Anda dapat menggunakan bantal leher atau hooded U-shape. Bentuk bantal ini sudah dirancang khusus menyesuaikan kontur leher dan bahu bagi penggunanya.

Tidur memakai bantal leher tentunya sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri atau kaku setelah bangun tidur.

5. Akupunktur

Ilustrasi. Cara mengatasi sakit leher dengan akupunktur (iStockphoto/Wavebreakmedia)

Akupunktur termasuk teknik pengobatan yang dipercaya efektif meredakan sekaligus menyembuhkan sakit leher.

Teknik pengobatan akupunktur ini menggunakan jarum-jarum yang nantinya ditusuk ke titik-titik tertentu pada tubuh oleh terapis ahli.

Penelitian ilmiah soal akupunktur memang masih minim, namun alternatif ini diketahui sudah banyak dilakukan ke dalam pengobatan tradisional sejak ratusan tahun lalu.


6. Yoga

Perlu Anda tahu bahwa beberapa gerakan yoga ada yang bermanfaat untuk meredakan sakit leher, sehingga Anda bisa mempraktikkannya sendiri di rumah.

Salah satunya melakukan gerakan pose jarum atau thread the needle pose. Posisikan tubuh Anda seperti sedang bersujud dan tangannya tidak ditekuk, tapi diarahkan lurus ke depan.

Kemudian arahkan kepala menyamping ke kanan dan tangan kiri berada di bawahnya, sedangkan tangan kanan diangkat ke atas. Coba gerakan ini secara bergantian semampunya.

7. Minum obat pereda nyeri

Ilustrasi. Cara mengatasi sakit leher dengan minum obat pereda nyeri (iStockphoto/SARINYAPINNGAM)

Apabila rasa sakit leher tak tertahankan, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol atau acetaminophen.

Namun perlu diingat bahwa mengonsumsi obat tersebut pun harus sesuai petunjuk dokter dan informasi pada kemasan obat.

Selain minum obat nyeri, tidak ada salahnya Anda menenangkan pikiran karena sakit leher pun bisa dipicu oleh stres berlebih.

Apabila sakit leher yang dirasakan tidak kunjung membaik dalam beberapa hari, segera periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

Sakit di leher sebelah kiri gejala apa?

Adanya penyempitan pada kanal di tulang belakang dapat membuat leher sebelah kiri sakit. Kondisi penyebab sakit leher sebelah kiri ini biasanya dialami oleh orang yang mengalami arthritis, tumor, penyakit genetik, atau orang yang berusia di atas 50 tahun.

Berapa lama sakit leher sembuh?

Sakit leher umumnya terjadi karena otot leher tertarik, saraf terjepit, atau pengapuran sendi. Pada umumnya, nyeri tengkuk atau sakit leher ini bukanlah kondisi serius yang perlu diwaspadai. Kondisi ini dapat sembuh dalam beberapa hari atau beberapa minggu tanpa pengobatan khusus.

Apa yang harus dilakukan jika sakit leher?

Cara mengatasi nyeri leher saat bangun tidur :.
Kompres dingin. Kompres dingin baik dilakukan dalam 48 jam pertama ketika rasa nyeri atau cedera terjadi. ... .
Kompres hangat. ... .
Mengistirahatkan leher. ... .
Minum obat pereda nyeri. ... .
Melakukan peregangan atau pijatan ringan..

Apa nama obat untuk sakit leher?

Pilihan obat sakit leher di apotik.
Asetaminofen dan NSAID. ... .
2. Opioid. ... .
Muscle relaxants (Merilekskan Otot) ... .
4. Obat jenis neuropatik dan obat jenis block-saraf. ... .
Steroid. ... .
6. Botulinum toxin..