Cara pasang gps tracker di motor

GPS mobil merupakan alat yang digunakan untuk memberi informasi akurat terkait lokasi mobil terkini. Dikarenakan belum semua mobil dilengkapi dengan GPS tracker, maka kamu harus memasangnya sendiri sebagai alat perlindungan apabila mobil tiba-tiba hilang karena dicuri. Lalu, bagaimana cara pasang GPS di mobil yang tepat?

Biasanya GPS mobil dilengkapi dengan alarm sehingga saat mobil dicuri maka alarm mobil tersebut akan menyala.

Ada juga GPS mobil yang belum dilengkapi dengan fitur alarm tetapi dapat berfungsi untuk memberikan lokasi terkini dari mobil. Apabila sewaktu-waktu terjadi pencurian, kamu masih dapat menemukan mobil karena sudah terpasang GPS.

Fungsi lain dari GPS mobil adalah untuk merekam histori perjalanan, menyadap pembicaraan yang terjadi di dalam mobil dan juga sebagai alat pengawasan terhadap keluarga saat sedang mengemudi. Penting memiliki GPS mobil untuk menjaga keamanan dan keselamatan pengemudi.

Namun yang perlu diketahui adalah GPS mobil berbeda dengan sistem navigasi. Sistem navigasi hampir mungkin dimiliki oleh setiap mobil tetapi GPS mobil belum tentu ada di setiap mobil. 

Bagaimana cara pasang GPS di mobil?

Apabila kamu memutuskan untuk memasang GPS di mobil sendiri, sebaiknya kamu sudah benar-benar memahami jalur kelistrikan pada mobil. Sebab, cara memasang GPS di mobil berkaitan erat dengan jalur kelistrikan yang terhubung antara GPS mobil dan aki.

Agar kamu bisa memanfaatkan seluruh fitur di dalam GPS mobil, sebaiknya kamu benar-benar mengetahui cara pasang GPS di mobil dengan benar. Berikut ini panduannya.

1. Lakukan pengecekan komponen GPS mobil

Saat membeli GPS mobil, kamu harus memperhatikan komponen-komponen yang akan kamu dapatkan di dalam kardus GPS mobil tersebut. Beberapa komponen seperti kabel plus dan minum, sekring serta baut harus kamu pastikan dalam jumlah yang sesuai.

2. Mengetahui peran dua kabel penting pada GPS mobil

Untuk memasang GPS mobil diperlukan kabel plus dan minus. Kabel plus berwarna merah sedangkan kabel minus berwarna hitam. Banyak orang menyebut kabel plus dengan sebutan kabel power langsung dan kabel negatif dengan sebutan kabel ground.

3. Pasang kabel plus pada sekring GPS mobil

Langkah selanjutnya adalah pemasangan kabel berwarna merah tersebut atau kabel plus ke sekring GPS mobil. Langkah ini penting dilakukan sebelum ke langkah selanjutnya demi menghindari terjadinya korsleting akibat arus pendek antara GPS dan mobil. 

Kamu yang sudah terbiasa dengan sistem kelistrikan pada mobil biasanya hanya memakan waktu 45 menit sampai 60 menit.

4. Memasang semua komponen GPS ke bagian mobil tertentu

Cara pasang GPS di mobil terakhir adalah dengan memasang seluruh komponen GPS ke dalam bagian mobil tertentu yang telah ditetapkan sebagai lokasi tempat penyimpanan GPS.

Saat GPS mobil telah terpasang dengan benar dan sempurna, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah mengoperasikan sistem online GPS tersebut agar terhubung ke smartphone kamu.

Cara mengetahui letak GPS di mobil

Idealnya, kebanyakan orang akan meletakkan GPS mobil di dashboard mobil. Pasalnya, hanya dashboard mobil tempat teraman agar tidak diketahui maling dan tempat yang memancarkan sinyal paling kuat. Sinyal merupakan faktor penting agar GPS mobil bisa beroperasi.

Cara mengetahui letak GPS di mobil yang paling penting adalah letakkan GPS mobil di tempat yang mudah mendapatkan sinyal di dalam mobil.

Memang tidak melulu berada di dashboard mobil, kamu bisa meletakkannya di plafon, bawah jok, di dekat kaki atau di mana pun yang menghasilkan sinyal paling kuat.

Namun, peletakkan di bagian bawah mobil berisiko GPS mobil akan mengalami kerusakan akibat terkena air.  Selain itu juga cara mengetahui letak GPS di mobil adalah dengan memperhatikan faktor sulit terlihat oleh orang lain.

Saat mobil kesayangan diambil orang, maka kamu tetap bisa melacak keberadaan lokasi mobil tanpa si pencuri mengetahuinya.

Ketahui juga cara cek mobil ada GPS atau tidak di artikel Lifepal!

Cara mengaktifkan GPS mobil ke HP

Cara aktifkan GPS mobil ke HP atau smartphone cukup mudah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Siapkan kartu SIM yang telah memiliki paket internet

Untuk mengoperasikan GPS mobil diperlukan kartu SIM yang telah memiliki paket internet. Tujuannya agar kamu bisa melakukan monitoring dari HP. Pilih kartu SIM yang memiliki sinyal kuat sehingga kamu tidak perlu khawatir saat mobil berada di pelosok daerah terpencil.

2. Input kartu SIM tersebut ke dalam GPS mobil

Setelah sudah memastikan bahwa kamu memilih layanan operator atau SIM dengan sinyal terkuat dan sudah terisi paket internetnya, maka selanjutnya adalah memasukkan kartu SIM tersebut ke dalam GPS mobil.

Saat memasukkan kartu SIM tersebut, pastikan GPS mobil dalam keadaan mati. Setelahnya, baru kamu bisa menyalakan GPS mobil dan memeriksa sinyalnya.

3. Lakukan registrasi

Cara mengaktifkan GPS mobil ke HP yang terakhir adalah dengan melakukan registrasi melalui HP atau smartphone kamu agar memiliki akses untuk melacak GPS mobil tersebut. Caranya dengan menghubungi server via sms atau telepon.

Beberapa saat kemudian kamu akan menerima kode verifikasi yang harus diinput ke dalam HP atau smartphone yang akan melacak keberadaan kendaraan. Caranya dengan menginstal terlebih dahulu aplikasi khusus. 

Melalui aplikasi khusus tersebut, kamu bisa memilih fitur yang ingin kamu gunakan pada GPS mobil seperti volume GPS, memory card, batas gerak, sadap suara, status mesin hingga kemampuan mematikan mesin.

Agar GPS mobil berfungsi, perhatikan faktor-faktor ini

Dalam memasang dan mengoperasikan GPS pada mobil, ada dua faktor penting yang harus kamu perhatikan agar GPS mobil berfungsi dengan baik. Faktor-faktor tersebut adalah komponen GPS mobil dan server GPS mobil.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa selain alat GPS itu sendiri, beberapa komponen pendukung seperti kabel plus dan minus, sekring, serta baut harus ada di dalam satu kardus. Baca manual book untuk memahami peran komponen-komponen tersebut dan cara memasangnya.

Sementara itu, terkait server GPS pada mobil, sebaiknya kamu memilih GPS mobil yang sudah dilengkapi dengan server bawaannya sendiri sehingga tidak akan membuat kamu bingung untuk menentukan server mana yang akan digunakan oleh GPS mobil.

Rekomendasi GPS mobil terbaik beserta harga GPS mobil

Dikutip dari 99.co, berikut inia dalah rekomendasi GPS mobil terbaik beserta harga GPS mobil tersebut yang berlaku di tahun 2021.

1. GPS tracker TK110

Fitur yang dimiliki GPS tracker TK110 adalah alat pelacak di saat darurat, fitur pengaktifan mik dalam keadaan darurat yang cukup mudah, button khusus yakni SOS pada GPS untuk mengirimkan lokasi terkini mobil. Harganya cukup murah yakni Rp234 ribu.

2. GPS mobil premium JVS TK905

Sesuai dengan namanya GPS mobil premium JVS TK905, biaya yang harus kamu keluarkan untuk membeli GPS mobil yang satu ini sebesar Rp568 ribu. 

Dengan harga GPS mobil yang fantastis, GPS sudah dilengkapi dengan kecanggihan teknologi otomotif sehingga tidak membutuhkan aliran listrik dari aki mobil untuk mengoperasikannya. Memiliki daya baterai sebesar 5 ribu mAh dan kemampuan beroperasi selama maksimal 90 hari.

3. GPS tracker super spring VT-100M

GPS mobil yang satu ini memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga mudah disembunyikan di mana pun di dalam mobil. GPS tracker super spring VT-100M telah dilengkapi dengan fitur sadap suara, baterai cadangan, dan mampu mendeteksi kondisi mesin terkini.

GPS tracker super spring VT-100M dibanderol seharga Rp1,3 jutaan. Harga ini tentu sangat worth it dengan fitur dan tingkat akurasi titik koordinat terbaik yang mampu dilacak menggunakan sinyal GPS maupun GSM.

4. GPS tracker mobil foxlogger

GPS mobil ini dipasarkan dengan harga Rp1,6 juta dengan fitur yang super lengkap. GPS tracker mobil foxlogger telah dilengkapi dengan chipset GPS yang memiliki tingkat sensitivitas mencapai 159 dBm dan tingkat akurasi sebesar 144 dBm.

5. GPS tracker concox GT06N

GPS mobil seharga Rp350 ribu ini mampu memberikan sinyal GPS tercepat. Pasalnya, GPS mobil yang satu ini telah dilengkapi dengan frekuensi GSM Quad-band sehingga pengguna dapat menerima titik koordinat lokasi mobil melalui sms atau memonitor melalui situs khusus dengan cepat dan tepat. 

Dilengkapi dengan fitur penyadap suara dan fitur untuk mematikan atau menghidupkan mesin.

Penting punya asuransi mobil

Saat memiliki mobil, kamu mungkin ada rasa khawatir apabila mobil hilang dicuri atau rusak berat. Apabila tidak memiliki proteksi seperti asuransi mobil, kamu akan mengalami kerugian finansial yang tidak sedikit. 

Tapi, kamu akan lebih tenang apabila memiliki asuransi mobil. Dengan membayar premi per tahun, kamu tidak perlu was-was memikirkan biaya-biaya kerugian karena mobil rusak atau hilang. Sebab, asuransi mobil akan mengcover biaya-biaya tersebut. 

Keuntungan lainnya dengan memiliki asuransi mobil adalah tidak perlu khawatir saat berada di luar kota karena asuransi mobil sudah bekerja sama dengan ratusan bengkel rekanan yang terpercaya. 

Kamu bisa cek premi asuransi mobil yang harus kamu bayar di sini.

Tips dari Lifepal! Bagi sebagian orang, mungkin GPS mobil dianggap tidak perlu untuk mobil, padahal fungsinya sangat penting, loh! Salah satunya adalah untuk mengetahui keberadaan mobil. Jadi, apabila mobil hilang, kamu bisa dengan mudah melacaknya. 

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan GPS mobil untuk memantau pergerakan anggota keluarga yang sedang dalam perjalanan jauh ke luar kota. Jadi, apabila terjadi risiko yang tidak diinginkan bisa segera mencari bantuan.

Simak ulasan mengenai cara cek mobil ada GPS atau tidak di artikel Lifepal lainnya!

Memiliki asuransi mobil juga akan membuat kamu jadi lebih tenang. Pasalnya, asuransi mobil All Risk akan memberikan manfaat pertanggungan atas risiko mobil hilang karena dicuri. Jadi, kamu tak perlu was-was lagi.

Kalau ada yang ingin ditanyakan segera hubungi ahlinya di Tanya Lifepal, ya!

FAQ seputar cara pasang GPS di mobil

Mula-mula kamu harus mengetahui perbedaan kabel plus dan minus pada GPS mobil beserta fungsinya. Lalu pasang kabel plus pada sekring GPS mobil, terakhir letakkan GPS mobil di dalam mobil.

Sebaiknya letakan GPS mobil di tempat yang sinyalnya kuat untuk memudahkan melacak keberadaan mobil saat itu.

Penting, salah satunya adalah membantu melacak keberadaan mobil apabila mobil hilang karena dicuri. 

Kamu juga bisa menambahkan proteksi dengan memberi asuransi mobil. Asuransi mobil akan memberikan ganti rugi apabila mobil kamu hilang karena dicuri, finansialmu pun akan aman.

Bisakah GPS dipasang di motor?

Untuk memasang GPS di motor, perlu membeli dulu unit GPS tracker-nya. Saat ini GPS bisa didapat dengan mudah baik di toko-toko online maupun offline dengan banyak pilihan model dan harga. Bahkan ada GPS yang memiliki kemampuan otomatis matikan motor dari jarak jauh.

Bagaimana cara pasang GPS di motor?

Bagaimana cara memasang alat ini? Berikut cara pasang GPS tracker pada motor. Bongkar beberapa bagian motor Anda seperti dek depan dan bagian aki. Pasang kartu SIM provider yang telah didaftarkan pada perangkat GPS. Disarankan untuk menggunakan kartu provider yang memiliki sinyal kuat.

Berapa harga GPS?

Daftar Harga GPS Bulan Februari 2019 di Bukalapak.

Bagaimana Cara Pasang GPS?

Bagaimana cara pasang GPS di mobil?.
1. Lakukan pengecekan komponen GPS mobil. ... .
Mengetahui peran dua kabel penting pada GPS mobil. ... .
Pasang kabel plus pada sekring GPS mobil. ... .
Memasang semua komponen GPS ke bagian mobil tertentu. ... .
Siapkan kartu SIM yang telah memiliki paket internet. ... .
2. Input kartu SIM tersebut ke dalam GPS mobil..