Kapan dan bagaimana cara Mengatur Password Administrator pada proses instalasi

/en/tr_id-windows-basics/mengelola-pengaturan-komputer-anda/content/

Apa itu akun pengguna?

Sebuah akun digunakan oleh Anda (sebagai pengguna komputer) untuk mengakses komputer Anda. Secara default (atau otomatis), komputer sudah menyediakan satu akun pengguna yang Anda buat saat menyelesaikan proses instalasi sistem operasi. Jika komputer digunakan lebih dari 1 pengguna selain Anda, maka Anda dapat membuat akun pengguna yang berbeda untuk digunakan pengguna komputer lainnya.

Kali ini, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa memerlukan akun pengguna yang berbeda? Bukankah lebih mudah bagi semua orang hanya memiliki 1 akun yang sama? Jika Anda menggunakan komputer yang sama dengan orang lain (misalnya dengan anggota keluarga Anda atau rekan di kantor), maka akun pengguna dapat digunakan oleh setiap penggunanya untuk menyimpan berkas atau pengaturan mereka sendiri tanpa mempengaruhi pengguna komputer lainnya. Saat Anda menghidupkan komputer Anda, maka Anda dapat memilih akun pengguna milik Anda sendiri.

Akun Administrator, Standar, dan Managed

Sebelum Anda membuat akun pengguna baru, maka penting untuk mengetahui beberapa jenisnya yaitu:

  • Administrator: akun ini adalah akun khusus yang dapat digunakan untuk mengubah pengaturan komputer atau mengeola akun pengguna komputer lainnya. Akun ini memiliki hak akses penuh ke setiap pengaturan komputer. Setiap komputer memiliki (minimal) satu akun Administrator dan jika Anda sebagai pemilik komputer maka Anda juga harus memiliki password akun ini.
  • Standar: akun ini adalah akun dasar yang Anda gunakan untuk mengerjakan tugas Anda sehari-hari pada komputer. Akun ini dapat melakukan aktivitas-aktivitas normal pada komputer, seperti menjalankan perangkat lunak atau pengaturan desktop.
  • Standar (Family Safety): akun ini adalah satu-satunya akun yang memiliki kendali keamanan orangtua. Orangtua dapat membuat akun standar untuk setiap anak, lalu menyesuaikan pengaturan keamanan keluarga (Family Safety) di Control Panel untuk membatasi akses situs web, lama waktu penggunaan komputer, dan lain-lain pada akun standar anak-anak mereka.

Pada umumnya, lebih aman login akun Standard daripada Administrator. Jika Anda login sebagai Administrator, hal ini berpotensi bagi pengguna lain untuk membuat perubahan pada komputer Anda. Oleh karena itu, Anda juga perlu membuat akun Standard untuk diri Anda sendiri, meskipun Anda tidak berbagi komputer dengan siapa pun. Anda masih dapat membuat perubahan pada komputer menggunakan akun Administrator; Anda hanya perlu memasukkan kata sandi (password) akun Administrator ketika Anda membuat perubahan tersebut.

Mengelola akun pengguna

Proses mengelola akun pengguna agak berbeda untuk masing-masing versi Windows. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai pengelolaan akun pengguna, silahkan Anda mempelajari tutorial di bawah ini:

Berpindah/Beralih akun pengguna

Jika Anda memiliki beberapa akun pengguna di komputer Anda, maka sangat mudah beralih di antaranya tanpa harus log-out atau menutup aplikasi Anda saat ini. Berpindah ke akun pengguna yang lain akan mengunci akun pengguna yang sedang aktif saat ini, sehingga Anda tidak perlu khawatir terhadap orang lain yang mencoba mengakses akun Anda.

Langkah-langkah berpindah akun pengguna (pada Windows 8):

Klik nama pengguna (yang sedang aktif saat ini) di pojok kanan atas layar Start, lalu pilih akun pengguna yang diinginkan dari menu drop-down. Masukkan kata sandi akun pengguna yang sesuai.

Anda dapat beralih ke akun pengguna sebelumnya yang telah aktif dengan memilih akun pengguna yang diinginkan dari menu drop-down. Anda harus memasukkan kembali kata sandi yang tepat untuk mengaktifkan akun.

Langkah-langkah berpindah akun pengguna di Windows 7:

Klik tombol Start, klik tanda panah di sebelah "Shut Down", lalu pilih "Switch User".

Jika Anda selesai menggunakan komputer, Anda juga dapat memilih log off. Setelah itu pengguna komputer yang lain dapat memilih akunnya untuk menggunakan komputer.

/en/tr_id-windows-basics/shortcutshortcut-keyboard-pada-windows/content/

Terjemahan disediakan oleh mesin penerjemah. Jika konten terjemahan yang diberikan bertentangan dengan versi bahasa Inggris aslinya, utamakan versi bahasa Inggris.

Saat Anda terhubung ke instance Windows, Anda harus menentukan akun pengguna dan kata sandi yang memiliki izin untuk mengakses instance. Pertama kali Anda menyambung ke sebuah contoh, Anda akan diminta untuk menentukan akun Administrator dan kata sandi default.

Dengan AMI AWS Windows untuk Windows Server 2012 R2 dan yang lebih lama, file layanan EC2Config menghasilkan kata sandi default. Dengan AMI AWS Windows untuk Windows Server 2016 dan yang lebih baru, EC2Launch menghasilkan kata sandi default.

Dengan Windows Server 2016 dan lebih baru,Password never expires dinonaktifkan untuk administrator lokal. Dengan Windows Server 2012 R2 dan yang lebih lama,Password never expires diaktifkan untuk administrator lokal.

Mengubah kata sandi Administrator setelah ter-connect

Saat Anda terhubung ke sebuah instance untuk pertama kalinya, kami menyarankan Anda untuk mengubah kata sandi Administrator dari nilai defaultnya. Gunakan prosedur berikut untuk mengubah kata sandi Administrator untuk contoh Windows.

Simpan kata sandi baru di tempat yang aman. Anda tidak akan bisa mendapatkan kembali kata sandi baru menggunakan konsol Amazon EC2. Konsol hanya dapat mengambil kata sandi default. Jika Anda mencoba untuk menyambung ke instance menggunakan kata sandi default setelah mengubahnya, Anda akan mendapatkan pesan kesalahan "Kredensial Anda tidak berfungsi".

Untuk mengubah kata sandi Administrator lokal

  1. Hubungkan ke instance dan buka prompt perintah.

  2. Jalankan perintah berikut. Jika kata sandi baru Anda menyertakan karakter khusus, apit kata sandi dengan tanda kutip ganda.

    net user Administrator "new_password"
  3. Simpan kata sandi baru di tempat yang aman.

Mengubah kata sandi yang hilang atau kedaluwarsa

Jika Anda kehilangan kata sandi atau kedaluwarsa, Anda dapat membuat kata sandi baru. Untuk prosedur pengaturan ulang kata sandi, lihat .Pengaturan ulang kata sandi administrator Windows yang hilang atau kedaluwarsa

1. Anda dapat meremote server OS Windows anda untuk akses

2. Buka Manajemen Komputer, kemudian Tekan tombol Win + R pada keyboard Anda untuk membuka Run,masukkan perintah :


    compmgmt.msc, lalu tekan Enter atau OK.

Banyak sekali artikel yang bisa kita temui di dunia maya mengenai cara-cara mengganti password administrator Windows, misalnya saja melalui tool-tool yang bernama pwdump (kalau tidak salah), ada juga yang menggunakan visual basic script yang juga bisa dilihat pada artikel dalam website ini, ada juga yang bisa juga mendapatkan passwordnya setelah terlebih dulu meminjam hak administrator. Terlihat memang cara di atas sangat kreatif karena kita mendapatkan password tersebut dari hasil kerja keras(he….5x, padahal tujuannya lebih banyak untuk hal-hal yang tidak baik). Namun cara di atas kadangkala memiliki kelemahan. Misalnya saja dengan menggunakan tool pwdump, untuk mendapatkan password pada Windows, dibutuhkan waktu yang lama. Kadang hingga berjam-jam. Itu yang pernah penulis dengar. Penulis sendiri tidak pernah mencobanya. Namun penulis memilki sebuah trik yang bisa kita terapkan untuk mengganti password administrator.

Download Tulisan Lengkap: duken-mengganti-password-administrator-pada-windows.zip

Cara Mereset Password Administrator Pada Windows 7 Tanpa Melakukan Install Ulang – Pernahkah kamu mengalami lupas Password di Windows 7? Pengalaman kami pernah, memanglah ketika lupa password di Windows 7 jalan pintasnya melakukan instal ulang Windows, akan tetapi perlu kamu ketahui bahwa tidak perlu melakukan instal ulangpun bisa.

Oleh karena itu kami akan mempraktekkan bagaimana cara melakukan reset pasword di Windows 7 tanpa melakukan Instal Ulang.

Dikutip dari wikipedia Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows saja adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.

Sebelum pada langkah-langkahnya, sebaiknya persiapkan terlebih dahulu Tools dan peralatan yang perlu di siapkan, yaitu:

  1. CD/DVD yang sudah ada Installer Windows 7 atau Anda bisa juga menggunakan USB Booting jika PC atau Laptop bagi anda yang tidak ada CD Roomnya.
  2. PC atau Laptop yang akan di reset passwordnya.

1. Boot CD/DVD Installer windows 7 yang sudah disiapkan tadi.

2. Klik “Repair Your Computer

\klik repair your computer

3. Kemdudian Pilihlah Sistem Operasi yang Anda gunakan

4. Buka “Command Prompt”

buka command prompt

5. Pada tutorial ini kita akan menggunakan salah satu tools, yangmana tools ini hanya tersedia di windows login yaitu kaca pembesar dan sistem namanya magnify.exe dan menjadikannya “command prompt”, akan tetapi sebelumnya, untuk menghindari kesalahan, backup dulu magnify.exe menjadi magnify.old caranya ketikan perintah copy x:windowssystem32magnify.exe x:windowssystem32magnify.old pada terminal. dimana x: adalah partisi direktori sistem

6. ketik ‘Y’ pada terminal untuk melanjutkan copy

7. Kemudian kita buat “kaca pembesar ” menjadi “command prompt” dengan perintah di terminal copy x:windowssystem32cmd.exe x:windowssystem32magnify.exe

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Dompet Digital

8. ketik ‘Y’ pada terminal untuk melanjutkan copy

9. Selanjutnya Restatlah Komputer Anda

10 Kemudian masuk ke halaman login, Klik “Ease Of Access”

11. Aktifkanlah Kaca Pembesar (Magnifier) dengan mencentang check box selanjutnya klik OK

12. Jika langkah diatas benar dipraktekkan, maka yang terbuka adalah “command prompt” (cmd.exe)

13. Langkah selanjutnya tinggal mengetikan perintah untuk membuat akun baru pada terminal / Command Prompt dengan cara ketik perintah net user (username) (newpassword) contoh : net user djonews 123456789

“djonews” adalah username dan passwordnya adalah “123456789”

14. Kemudian silahkan login dengan Akun yang telah anda buat

15. Dan yang langkah yang terakhir, jangan lupa mengembalikan magnify.old ke magnify.exe agar berfungsi dengan baik yaitu sebagai kaca pembesar.

Perlu kamu ketahui bahwa cara ini hampir sama dengan windows mereset password administrator pada windows server hanya saja sedikit perbedaannya.

Demikian Tutorial dari kami mengenai Cara Mereset Password Administrator Pada Windows 7 Tanpa Melakukan Install Ulang, semoga Bermanfaat.