Pada lomba jalan cepat gerakan lengan harus seirama dengan

Kompas.com, 17 September 2021, 17:00 WIB

Lihat Foto

ANTARA FOTO / SIGID KURNIAWAN

Atlet jalan cepat Indonesia, Hendro (kedua kiri), bertanding pada final jalan cepat 20.000 meter putra SEA Games XXIX di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (22/8/2017). Hendro berhasil pecahkan rekor dan menyabet emas dengan catatan waktu satu jam 32 menit 11 detik.

KOMPAS.com - Gerak lengan dalam jalan cepat merupakan salah satu gerak spesifik. Gerak lengan harus dikuasai para atlet jalan cepat.

Jalan cepat atau disebut juga dengan racewalking merupakan salah satu nomor dalam cabang olahraga atletik.

Jalan cepat adalah gerak maju langkah kaki yang dilakukan sedemikian rupa sehingga kontak dengan tanah tetap terjaga dan tidak terputus.

Selama melangkah, kaki atlet yang bergerak maju harus menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah.

Baca juga: Aturan dan Jarak Perlombaan Jalan Cepat

Dalam olahraga satu ini ada beberapa gerak spesifik seperti lengan, gerak postur tubuh, serta gerak langkah kaki.

Dalam artikel ini akan membahas mengenai gerak lengan dalam jalan cepat atau racewalking.

Gerak Lengan dalam Jalan Cepat

Jelaskan tahapan ayunan lengan dalam gerak lari jalan cepat.

Lihat Foto

kemdikbud

Ilustrasi gerak spesifik jalan cepat

Baca juga: Teknik Start dalam Jalan Cepat

  1. Saat akan melakukan jalan cepat posisi siku harus ditekuk antara 85 derajat hingga 90 derajat, serta telapak tangan dalam kondisi mengepal.
  2. Posisi lengan berada di dekat tubuh serta bagian siku berada dekat tulang pinggul.
  3. Lengan diayun ke depan serta ke belakang. Saat diayunkan ke depan, posisi tangan harus sejajar dengan tubuh. Sedangkan saat diayunkan ke belakang tetap pastikan bahwa posisi lengan tidak terlalu jauh dengan pinggul.
  4. Disarankan untuk tidak merentangkan karena hal ini bisa membuat postur tubuh membungkuk serta pernapasan yang menjadi terbatas.
  5. Gerakan lengan yang baik dan benar serta diimbangi dengan gerak kaki dapat meningkatkan kecepatan.

(Sumber: Kompas.com/Vanya Karunia Mulia Putri | Editor: Ari Welianto)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita berikutnya

Hasil Liga 1 2021: Main…

Pada saat melakukan gerakan jalan cepat, gerakan ayunan lengan tangan harus seirama / bersamaan dengan gerakan (A) Langkah kaki.

Gerakan seirama berarti, saat kaki melangkah, kedua tangan ikut digerakan. Contohnya, saat kaki kanan berayun, maka lengan kiri dilipat dan berayun ke atas dengan membentuk sudut kurang lebih 90 derajat, sedangkan lengan kanan yang tadinya di depan, diayunkan ke belakang hingga ke sisi badan.

Gerakan tangan dan kaki harus selaras, sebab dapat membantu menyeimbangkan badan, dan mempermudah dalam mempercepat lari.

Kekakuan umum yang sering dilakukan biasanya berupa salah mengayunkan lengan ke atas, misalnya kaki kanan dengan lengan kanan diangkat, atau terangkat terlalu rendah, hingga terlalu tinggi.

Pada saat melakukan jalan cepat gerakan lengan harus seirama dengan

Penjelasan

Maksud soal: gerakan lengan langkah selaras dengan.

  • Pilihan langkah kaki benar. Sebab saat salah satu kaki terangkat, lengan di sisi yang lain akan diayunkan ke atas, dan lengan satunya lagi menyeimbangkan di sisi badan.

Gerakan lengan berirama dengan kaki yang digunakan untuk melangkah dalam jalan cepat.

  • Sedangkan, panjang dari langkah kaki, kurang tepat, sebab lengan tidak akan mengikuti panjangnya ayunan, melainkan posisi kaki mana yang melangkah.

Kemudian memposisikan diri untuk melakukan penyeimbangan serta kecepatan dalam melangkah.

  • Kecondongan badan, kurang tepat sebab badan juga akan menyesuaikan berdasarkan langkah kaki.

Saat kaki sudah menapak dengan sempurna atau selesai melakukan fase tarikan, badan akan dicondongan ke depan, atau saat kaki menapak badna akan rileks, dan sebagainya.

  • Gerak ke badan, salah, sebab badan juga mengikuti dari gerakan melangkah dalam jalan cepat.

Misalkan saat kaki pada fase tarikan ke depan, maka badan juga akan bergerak menuju depan.

Jawabannya

pada saat melakukan jalan cepat gerakan lengan harus seirama dengan

Gerakan tangan seirama dengan gerakan (A) langkah kaki. 🏃‍♂️✅

Soal no 10 ini, jawabannya terdapat dalam buku cetak PJOK bab 3 di halaman 114 tentang aktivitas pembelajaran gerakan kaki, ayunan lengan, sikap badan, dan pandangan dalam gerak spesifik jalan cepat pada olahraga atletik.

✅ Berdasarkan data di atas, jawaban telah sesuai dan tertera dalam buku sehingga dinyatakan BENAR. 🏃‍♂️

Jalan Cepat. (Foto: Unsplash/ArekAdeoye)

Pada saat melakukan jalan cepat gerakan lengan harus seirama dengan langkah kaki. Hal ini berfungsi untuk menyesuaikan dengan teknik dasar jalan cepat pada posisi badan yang harus condong ke depan dengan kedua lengan siku membentuk sudut 90 derajat.

Gerak jalan cepat memiliki dua tujuan utama yaitu mempertahankan momentum ketika berjalan ke depan sekaligus menjaga keseimbangan tubuh. Koordinasi antara gerak lengan dengan langkah kaki saat melakukan jalan cepat membantu menjaga kecepatan.

Jalan cepat termasuk ke dalam cabang olahraga atletik yang kerap diperlombakan di Olimpiade dan dikenal juga dengan sebutan racewalking. Jarak jalan cepat terbagi menjadi kategori putra dan putri. Untuk putra memiliki jarak 20 hingga 50 kilometer sedangkan putri 10 kilometer.

Menurut buku Ensiklopedia Olahraga Atletik karya Atma Edris, et. al. pada tahun 2017, jalan cepat adalah olahraga melangkah maju ke depan yang dilakukan secara terus menerus tanpa adanya hubungan terputus dengan area tanah. Langkah awal yang harus dilakukan dalam lomba jalan cepat adalah sebagai berikut.

Pada Saat Melakukan Jalan Cepat Gerakan Lengan Harus Seirama dengan Langkah Kaki

Ilustrasi Lomba Gerak Jalan Cepat. (Foto: Pixabay)

Setelah mengetahui koordinasi antara langkah kaki dengan gerak lengan pada jalan cepat, kali ini Info Sport akan membahas tentang teknik dasar jalan cepat, yaitu:

1. Teknik Start / Permulaan

  • Pertama, awali dengan sikap start siap dan berdiri sekaligus menunggu aba-aba bersedia,

  • Posisikan salah satu kaki penyangga berada di belakang garis start, kaki terkuat dibelakang untuk memulai langkah pertama,

  • Condongkan badan agak ke depan dengan kedua lengan harus rileks,

  • Ketika aba-aba ‘ya!’ segerakan melangkah ke depan dengan gerakan jalan ke depan dengan cepat.

Langkah dan gerak cepat dalam salah satu atletik ini dilakukan dengan konsisten. Untuk menghasilkan power lebih kuat, para pejalan bisa mengangkat paha kaki dan diayunkan ke depan lutut. Jadi, secara otomatis tungkai bawah ikut akan terayun ke depan ketika lutut pada posisi lurus. Berikut ini adalah tata cara-nya:

  • Pastikan ketika mengangkat tumit menyentuh tanah dengan mengangkat kaki dilakukan secara bersamaan,

  • Kemudian, ketika tumpuan pada ujung kaki lepas dari tanah secara bergantian ayun kaki. Jadi, posisi kaki selalu menyentuh tanah dan tidak ada yang melayang.

Ilustrasi Gerak Jalan Cepat. (Foto: Pexels/AndreaPiacquadio)

  • Pastikan posisi tubuh agak condong ke depan untuk mendukung gerakan yang cepat ketika melangkah,

  • Anggota tubuh yang melakukan condong ke depan mulai dari kepala, dada, pinggang hingga tungkai bawah.

  • Pertama, tekuk siku sampai membentuk 90 derajat ketika mengayunkan lengan,

  • Ketika mengayun lengan kanan, pastikan sambil mengangkat paha dan kaki kiri. Begitupun sebaliknya,

  • Koordinasikan tangan kanan dan kaki kiri, tangan kiri dan kaki kanan secara konsisten sehingga menghasilkan bentuk gerak ayunan.

5. Teknik Finish atau Akhiran

  • Tidak ada gerakan khusus ketika menuju finish seperti lomba lari, hanya kecepatannya saja lebih dipercepat hingga garis finish.

  • Ketika mencapai garis finish, maka dianggap selesai dalam perlombaan.

Pada saat melakukan jalan cepat gerakan lengan harus seirama dengan langkah kaki berfungsi untuk membentuk gerakan mengayun secara konsisten dalam menjaga kecepatan melangkah. Selamat mencoba!