Pukulan keras dan tajam dalam permainan tenis meja disebut

Kiat Bagus

trandunghn3 days ago

Kiat Bagus

tranduc42 days ago

Kiat Bagus

lequyen41 week ago

Kiat Bagus

buiquyen_hit3 days ago

Kiat Bagus

Kinhhoai_bmt3 days ago

Kiat Bagus

Lamphat113 hours ago

Cari soal sekolah lainnya

KOMPAS.com - Permainan tenis meja tergolong dalam olahraga bola kecil. Area permainannya adalah di atas sebuah meja khusus yang diberi net sebagai pembatas kedua area pemain.

Permainan pingpong sangatlah diminati oleh masyarakat. Siapa saja tentunya bisa bermain tenis meja, asalkan rutin berlatih dan menguasai beberapa teknik dasar.

Salah satu teknik dasar dalam permainan pingpong adalah teknik pukulan. Setidaknya ada delapan jenis pukulan bola dalam permainan ini.

Contoh dua jenis pukulan dalam permainan tenis meja adalah pukulan smash dan block. Apa yang dimaksud dengan pukulan smash dan pukulan block?

Wawan Sumarsono dalam Buku Seri Olahraga Tenis Meja [2019], menjelaskan jika teknik pukulan smash akan menghasilkan bola yang menukik keras dan tajam ke area lawan.

Baca juga: Variasi Jenis Pukulan Chop dan Lob dalam Permainan Tenis Meja

Berikut penjelasannya:

Jika menerapkan teknik ini dengan benar, maka bola akan melambung dengan keras dan akan menukik tajam ke area lawan.

Teknik smash merupakan salah satu teknik serangan yang biasanya digunakan oleh para petenis meja, karena dianggap ampuh untuk mematikan lawan.

Selain itu, teknik smash yang diterapkan dengan benar bisa membuat lawan main menjadi kewalahan dalam menangkis serangan.

Teknik pukulan smash dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Forehand smash 
    Jenis pukulan ini dilakukan dengan teknik forehand. Saat bola melambung di atas, pukul bola sekuat mungkin ke arah bawah dengan pergelangan tangan.
  2. Backhand smash
    Jenis pukulan ini dilakukan dengan teknik backhand. Cara menerapkan teknik ini hampir sama dengan forehand smash.

Baca juga: Variasi Jenis Pukulan Drive dan Push dalam Permainan Tenis Meja

Jenis pukulan block termasuk dalam teknik pertahanan. Sesuai dengan nama tekniknya, block diterapkan oleh para pemain yang ingin menangkis serangan dari lawan.

Teknik block sangat berpengaruh pada kemenangan seseorang atau sebuah tim dalam pertandingan pingpong.

Pukulan block bertujuan untuk menghentikan laju gerak bola. Posisi bet saat menerapkan teknik ini adalah tertutup.

Selain itu, teknik ini juga bertujuan agar lawan main tidak bisa melakukan serangan cepat karena bolanya sudah terlanjur di-block.

Berbeda dengan teknik lainnya, block dilakukan dengan jarak pemain yang cukup dekat dengan area meja.

Baca juga: Peraturan Dasar dan Manfaat Senam Lantai

Teknik pukulan block dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Forehand block 
    Jenis pukulan ini dilakukan dengan teknik forehand. Posisi bet tertutup dan menghadap ke bawah ketika menerapkan teknik ini. Perkenaan bola pingpong ketika menerapkan teknik forehand block adalah pada bagian tengah bet.
  2. Backhand block
    Jenis pukulan ini dilakukan dengan teknik backhand. Posisi bet tertutup dan bagian depan bet harus menghadap ke bawah ketika menerapkan teknik ini. Sama seperti forehand block, perkenaan bola adalah pada bagian tengah bet.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link //t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Cari soal sekolah lainnya

Untuk kamu yang baru memulai memainkan olahraga tenis meja, ada baiknya kamu mengetahui, memahami, serta mampu melakukan tujuh macam teknik dasar tenis meja dalam pukulan olahraga tersebut.

Teknik dasar tenis meja yang harus dipelajari

Bila kamu sudah mampu melakukannya dengan baik, maka kemampuan kamu akan semakin meningkat, bukan tidak mungkin kamu akan menjadi pemain professional.

1. Service, teknik pemberian bola

Teknik dasar pukulan tenis meja yang perlu para pemain kuasai adalah service di mana gerakan ini adalah gerakan dari teknik dasar tenis meja dalam memukul bola [pemberian bola pertama] ke permainan. Caranya adalah dengan memantulkan bola ke meja service lebih dulu yang kemudian pemain memukulnya dengan bet dan bola pun harus melalui atas net sampai akhirnya terjadi pantulan pada area meja lawan.

Baca juga 5 Perlengkapan Tenis Meja yang Harus Kamu Punya

Ada beberapa teknik dasar tenis meja dalam pukulan service yang bisa diketahui dan dipelajari, diantaranya backhand backspin, forehand topspin, dan backhand topspin.

2. Push, pukulan dengan gerakan mendorong

Pada teknik dasar tenis meja, ada pukulan dasar yang wajib untuk dikuasai setiap pemainnya yang dikenal dengan istilah push. Push ini adalah gerakan mendorong di mana sikap bet yang dipegang dalam kondisi terbuka. Tujuan teknik pukulan push dalam tenis meja ini adalah untuk mengembalikan pukulan push dan chop yang dilakukan lawan.

Perlu diketahui bahwa teknik dasar tenis meja untuk pukulan bernama push ini adalah hasil perkembangan dari pukulan block dengan sejumlah kelebihan yang lebih banyak daripada teknik dasar pukulan tenis meja lain. Ada 2 jenis pukulan push yang sangat perlu menjadi perhatian para pemain untuk dikuasai dengan baik, yaitu backhand push dan forehand push.

3. Chop, untuk mengembalikan pukulan yang beragam

Teknik dasar tenis meja untuk pukulan yang satu ini dilakukan dengan memukul seperti seseorang yang tengah menebang pohon menggunakan kapak, maka dari itu dinamakan chop. Chop merupakan jenis teknik dasar pukulan tenis meja yang biasanya dipakai untuk mengembalikan pukulan bola yang beragam dari lawan dan pukulan bola yang sulit untuk menangkisnya. Seperti pada teknik pukulan push, chop pun memiliki dua jenis pukulan yang sebaiknya dikuasai dengan benar oleh setiap pemain tenis meja, yaitu backhand chop dan forehand chop.

Baca juga 5 Pilihan Merek Bet Tenis Meja untuk Pemula

4. Drive, pukulan yang cepat

Teknik dasar tenis meja untuk pukulan lainnya yang perlu dan wajib untuk para pemain tenis meja kuasai adalah drive. Tekink pukulan drive biasanya menghasilan pukulan cepat, keras dan datar. Dalam melakukan pukulan ini, bet bisa digerakkan dari bawah menyerong ke atas namun pastikan sikap bet dalam kondisi tertutup. Hanya saja, ada perubahan posisi bet yang kerap terjadi saat melakukan pukulan jenis ini sebagai efek dari pergerakan pergelangan tangan.

Karena hal tersebut, biasanya pemain juga kemudian akan kesulitan ketika kontak dengan bola. Pukulan drive merupakan teknik dasar tenis meja yang berkelebihan banyak, seperti misalnya terbangnya bola [tinggi rendahnya] bisa dikuasai, lajur bola [cepat lambatnya] bisa dikendalikan, tenaga bola tak terlalu kencang sehingga pemain mampu mengendalikan dengan gampang, serta posisi bola di tiap titik juga gampang dikontrol.

Ada dua jenis teknik dasar tenis meja untuk pukulan drive yang sangat wajib untuk dilatih dan dikuasai oleh para pemain seperti chop dan juga push, yaitu backhand drive dan forehand drive.

5. Smash, pukulan keras dan tajam

Semua orang pasti pernah mendengar istilah ini yang biasanya memang lebih dikenal pada teknik permainan bulu tangkis. Namun sebenarnya, dalam permainan tenis meja pun kita juga mengenal teknik dasar tenis meja untuk pukulan smash.

Baca juga 5 Bet Tenis Meja Terbaik untuk Gaya Bermain All-round

Teknik dasar tenis meja ini adalah gerakan memukul secara tajam dan keras ke arah lawan dan pada umumnya dilakukan dengan tujuan mengeksekusi bola yang dikembalikan secara tinggi atau bola lambung entah di belakang atau atas meja. Dengan pukulan ini jugalah para pemainnya mampu menghasilkan poin yang berujung pada kemenangan.

6. Block, untuk menghentikan laju bola

Teknik dasar tenis meja untuk pukulan yang satu ini adalah gerakan untuk menghentikan bola di mana sikap bet pada kondisi tertutup. Penggunaan blok juga biasa dipakai sebagai proses pengembalian bola drive atau bola topspin. Seperti teknik dasar pukulan tenis meja lainnya, blok juga memiliki dua teknik dasar pukulan tenis meja atau cara, yaitu backhand block dan forehand block.

7. Lob, teknik bertahan penuh

Teknik dasar tenis meja untuk pukulan yang satu ini lebih kepada memukul bola lambung ke daerah lawan supaya meningkatkan kesulitan pada lawan untuk mengembalikan bola pada arah pertahanan. Teknik dasar tenis meja ini cukup ampuh dalam membuat lawan mati kutu, terutama jika lawan melakukan smash dan kamu dapat mengembalikan secara sukses dengan teknik dasar tenis meja untuk pukulan ini.

Teknik pukulan ini juga dikenal sebagai teknik dasar pukulan tenis meja bertahan penuh yang biasanya dipakai untuk menghadapi pukulan smash yang dilakukan oleh lawan. Lob yang benar dan baik adalah lob dengan ketinggian hingga 2-4 meter, lebih pun juga tak masalah.

Video liên quan

denisaragih17 denisaragih17

Jawaban:

Smash. Teknik pukulan bola yang dilakukan secara keras dan tajam untuk mematikan lawan.

Penjelasan:

  • jadiin jawaban tercerdas ya