Salah satu peralatan yang dipakai dalam permainan bulutangkis yaitu

Salah satu peralatan yang dipakai dalam permainan bulu tangkis yaitu?

  1. Bola sepak
  2. Sepatu bola
  3. Kok
  4. Selancar
  5. Backhand

Berdasarkan pilihan diatas, jawaban yang paling benar adalah: C. Kok.

Dari hasil voting 987 orang setuju jawaban C benar, dan 0 orang setuju jawaban C salah.

Salah satu peralatan yang dipakai dalam permainan bulu tangkis yaitu kok.

Pembahasan dan Penjelasan

Jawaban A. Bola sepak menurut saya kurang tepat, karena kalau dibaca dari pertanyaanya jawaban ini tidak nyambung sama sekali.

Jawaban B. Sepatu bola menurut saya ini 100% salah, karena sudah melenceng jauh dari apa yang ditanyakan.

Jawaban C. Kok menurut saya ini yang paling benar, karena kalau dibandingkan dengan pilihan yang lain, ini jawaban yang paling pas tepat, dan akurat.

Jawaban D. Selancar menurut saya ini salah, karena dari apa yang ditanyakan, sudah sangat jelas jawaban ini tidak saling berkaitan.

Jawaban E. Backhand menurut saya ini salah, karena setelah saya cari di google, jawaban tersebut lebih tepat digunkan untuk pertanyaan lain.

Kesimpulan

Dari penjelasan dan pembahasan diatas, bisa disimpulkan pilihan jawaban yang benar adalah C. Kok

Jika masih punya pertanyaan lain, kalian bisa menanyakan melalui kolom komentar dibawah, terimakasih.

PERALATAN PERMAINAN BULU TANGKIS

Peralatan yang digunakan di dalam permainan bulu tangkis ialah :

Di tengah-tengah lapangan, net berdiri dengan tinggi 155 cm di bagian tepi. Net merupakan pembatas berupa jaring yang membentang antara 2 bidang permainan dan diikatkan pada tiang.

Pada tahun 1970-an, gagang raket maupun daun raket masih terbuat dari kayu. Namun pada saat ini raket sudah dibuat dari berbagai jenis bahan, misalnya dari bahan alumunium, grafit, dan karbon. Terdapat berbagai macam bentuk raket, jenis raket serta harga raket. Semakin mahal raket maka semakin ringan dan kuat raket itu.

Di tengah daun raket terdapat jaring yang dibuat dari senar [string] berupa tali plastic sintetis. Senar yang baik adalah senar yang bias dipasang sekencang-kencangnya tetapi tdak mudah putus [dengan tarikan 21-24 ukuran kekencangan raket], agar dapat memantulkan shuttlecock yang dipukul dengan kencang dan cepat. Raket standar memiliki ukuran panjang 66-68 cm lebar kepala 22 cm. Untuk raket berbahan karbon, beratnya adalah 85 gram.

Kok biasanya terbuat dari bulu angsa buatan pabrik yang umumnya sudah memiliki standar yang ditentukan oleh IBF. Berat kok sekitar 5,67 gram. Bulu angsa atau bulu ayam yang menancap pada gabus yang dibungkus kulit berwarna putih berjumlah antara 14-16 buah, dan diikat 2 tali. Jenis inilah yang selalu dipakai untuk kejuaraan resmi. Di luar negeri, banyak pula digunakan kok dari karet, baik untuk gabus dan bulunya. Namun umumnya, kok jenis ini hanya untuk latihan.

Kok yang bagus ialah apabila dipukul menggunakan raket dengan tangan di bawah pinggang maka akan melucur lurus tanpa gerakan ke arah kanan atau kiri saat mengudara. Secara umum, panjang kok sekitar 8,8 cm, diukur dari ujung kepala kok hingga ujung daun bulu. Panjang batang daun kok adalah 6,5 cm, sedangkan panjang kepala kok adalah 2,3 cm.

Bagian-bagian kok:

  1. Helai daun bulu : Berfungsi sebagai penyeimbang kok ketika melayang .
  2. 3 jahitan : Berfungsi untuk memperkuat kok.
  3. Batang bulu : Berfungsi memperkuat posisi helai daun dan mempermudah menancapkan bulu ke kepala kok.
  4. Label kok : Berfungsi untuk memperkuat kok dan memperindah kok.
  5. Kepala kok : tempat menancapkan batang bulu.
  6. Label nama kok : Terpdat di bagian dalam, berfungsi untuk memberi nama kok [merk], memperindah kok, dan menutupi kertas penambah berat pada kok.

Terdapat perlengkapan utama dan tambahan dalam permainan bulutangkis. Baju, celana, dan sepatu tergolong perlengkapan utama, sedangkan ikat tangan, ikat kepala, dan pengaman lutut merupakan perlengkapan tambahan. Sepatu bulutangkis harus ringan dan tidak licin. Sepatu bulutangkis umumnya berwarna putih dengan garis-garis yang bervariasi warnanya.

Pada dasarnya, penggunaan kaos kaki tidaklah wajib, namun ia berfungsi sebagai penyerap keringat. Kaos kaki yang agak tebal dapat mengurangi kemungkina terjadi iritasi kulit akibat gesekan kulit dengan sepatu.

Penggunaan celana pendek atau kaos bulutangkis sebenarnya bebas, namun pada tingkat internasional banyak dipakai jenis kaos yang sejuk dan mampu menyerap keringat dengan cepat. Kadang pemain menggunakan pengikat pergelangan tangan, pengikat kepala, atau pengaman lutut baik untuk keperluan esensial maupun sekadar untuk meramaikan penampilan.

Lapangan bulutangkis dapat dibuat di berbagai tempat, bisa diatas tanah, atau untuk saat ini kebanyakan di atas lantai semen atau ubin. Pembuatan lapangan bulutangkis biasanya sekaligus didesain denga gedung olahraganya.

Garis-garis batas pada lapangan dapat dibuat dengan warna putih, warna lainnya. Lebar garis batas lapangan adalah 40 mm [1½ inci]. Berikut dapat dilihat gambar lapangan bulutangkis secara lengkap.

Lapangan di tempat terbuka, harus dibuat dengan cermat agar tidak angin yang menganggu. Jika dibuat di dalam gedung, maka tinggi bangunan minimal adalah 8 m, sehingga tidak akan menganggu ketinggian shuttlecock.

Di kampung-kampung di Indonesia, banyak lapangan bulutangkis didirikan di atas tanah, semen cor, atau aspal. Namun, di gedung olahraga biasanya sudah berupa semen yang dilapisi vinyl atau kayu lantai.Di lapangan yang diakui secara internasional digunakan karpet yang terbuat dari karet keras namun elastis.

Diantara kedua jenis lapangan bulutangkis, secara umum masyarakat kita lebih akrab dengan lapangan bulutangkis untuk partai ganda [double]. Sebagaimana digambarkan di halaman 14. Meskipun demikian, tentu saja lapangan double dapat digunakan untuk permainan single, yaitu dengan menghilangkan [atau mengabaikan] kedua garis samping.

Lapangan bulutangkis berukuran 610 x 1340 cm, yang dibagi dalam bidang –bidang, masing-masing dua sisi berlawanan. Ada garis tunggal, ada garis ganda, juga ada ruang yang memberi jarak antara pelaku dan penerima servis.

SUMBER

Abdullah, Arma. [1998]. Evaluasi dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta: Dirjen Dikti

Alhusin, Syahri. [2007]. Gemar Bermain Bulu Tangkis. Yogyakarta: Setiaji

Davis, P. [1976]. Badminton Complete. London: Kaye and Wara Barnes.

Loading Preview

Sorry, preview is currently unavailable. You can download the paper by clicking the button above.

Bagi yang ingin bermain badminton sebaiknya mengetahui 5 peralatan utama yang dibutuhkan dalam bulu tangkis. Dengan adanya perlengkapan bulu tangkis permainan menjadi lebih seru dan sesuai dengan standar internasional.

Namun apabila hanya untuk tepok tepokan di halaman rumah, peralatan bulu tangkis yang dibutuhkan cukup raket dan shuttlecock saja. Tetapi jika ingin menguji keterampilan dalam memukul kok, ada alat lain yang diperlukan.

Tidak semua perlengkapan harus dimiliki contohnya lapangan bulu tangkis, untuk latihan banyak yang menyewakan lapangan bulu tangkis indoor. Atau bisa juga dilingkungan rumah dengan membuat lapangan outdoor. Apa Saja perlengkapan yang digunakan untuk bulutangkis silahkan baca artikel ini sampai selesai.

1. Raket

Peralatan pertama yang harus ada adalah raket yaitu alat yang digunakan untuk memukul dalam permainan bulutangkis. Sebenarnya di pedesaan masih ada yang menggunakan raket yang terbuat dari kayu atau triplek, bentuk frame seperti bet tenis meja dengan gagang lebih panjang.

Ukuran Raket

  • Panjang raket 67,95 centimeter
  • Panjang kepala raket 29,21 centimeter
  • Lebar  frame 22,86 centimeter
  • Berat raket bervariasi mulai dari 90-94.9g [2U] , 85-89.9g [3U], dan 80-84.9g [4U].

Bagaimana cara memilih raket badminton untuk pemula

Tentunya untuk orang yang sering latihan akan mengerti dengan sendirinya cara menentukan raket, namun untuk pemula akan sedikit bingung mencari raket bulu tangkis yang enak.

Jika pemula ingin membeli raket pilih yang memiliki kekakuan shaft menengah atau salah satu yang sedikit lembut, tanyakan ke penjual apabila tidak mengerti.

Pada dasarnya bagi yang baru belajar bermain bulu tangkis hindari memilih raket yang terlalu kaku/stiff, karena biasanya tangan akan terasa sakit akibat belum terbiasa dan tekhnik memukul kok yang salah.

Setelah menemukan raket yang cocok dilanjutkan dengan senar, sebaiknya tarikan senar raket badminton untuk pemula adalah 22 – 24 Lbs. Alasannya belum memiliki power sehingga tegangan senar jangan terlalu tinggi.

Untuk merk raket banyak pilihan seperti Yonex, Lining, Pro Ace, Hart, Fly Power, Astec dan masih banyak lagi. Berbeda untuk pemain yang sudah mahir tentunya ada yang nyaman dengan merk raket tertentu. Namun untuk pemula merk apa saja bagus asal raket tidak kaku.

Dari segi harga tentu beda raket mahal dan murah biasanya perbedaan terletak pada kontrol raket ketika memukul kok lebih akurat. Dengan pemain sudah memiliki skill yang baik karena kalau tidak hasilnya akan sama dengan raket murah.

2. Shuttlecock [kok]

Kok atau shuttlecock dalam bahasa Inggris  merupakan peralatan wajib dalam bulu tangkis karena fungsi kok sebagai bola sehingga permainan dapat dilakukan. Kok terbuat dari bulu angsa yang dirangkai menjadi bentuk kerucut terbuka.

Bulu yang digunakan dalam shuttlecock berjumlah 16 helai, dengan panjang bulu antara 62 mm sampai dengan 70 mm dan panjangnya harus sama.

Kemudian ujung dari bulu-bulu angsa tersebut harus membentuk lingkaran dengan panjang diameter antara 58 mm dan 68 mm.

Bagian mangkok terbuat dari gabus sehingga ujung bulu angsa dapat ditancapkan. Cara membuat kok yaitu pertama bulu angsa dipotong, dibentuk, selanjutnya dicuci, dan dikeringkan.

Apabila bulu sudah kering disortir untuk mendapatkan kualitas shuttlecock terbaik, kemudian bulu diluruskan menggunakan api kecil, ditancapkan ke dalam mangkok kok, diberi benang [ada benang seperti terlihat pada gambar diatas], setelah itu kok distel, dirapikan dan terakhir benang dan mangkok diberi perekat [lem].

Berat kok secara keseluruhan antara 4,47 gram dan 5,50 gram. Biasanya shuttlecock untuk latihan outdoor berbeda dengan lapangan indoor. Karena diluar faktor angin cukup besar, jika menggunakan kok yang berat maka laju bola akan cepat dan sulit dikontrol.

Dan agak sulit jika harus menentukan kok bulu tangkis yang bagus, alasannya kok merk A enak digunakan di Surabaya namun belum tentu cocok digunakan di Bandung. Untuk daerah penulis sendiri biasa menggunakan shuttlecock Puma.

Harga kok bulutangkis 1 slop berkisar 70 ribu untuk kualitas sedang namun untuk shuttlecock Garuda dan Samurai harganya diatas 70 ribu, apalagi shuttlecock Yonex yang biasa digunakan untuk level kejuaraan dunia.

3. Sepatu Bulu Tangkis

Fungsi menggunakan sepatu bulu tangkis adalah untuk menjaga kaki dari cidera ketika melakukan gerakan karena bulu tangkis salah olahraga yang banyak menggunakan kaki untuk gerak maju, mundur samping kiri dan kanan.

Tentunya sepatu bulu tangkis berbeda dengan sepatu untuk olahraga lain misalnya untuk lari/jogging. Dibawah ada tips memilih sepatu bulu tangkis

Amati bagian rubber atau karet pada tapak sepatu hal ini agar sepatu tidak licin ketika pemain menggunakannya. Setelah itu cari sepatu dengan bantalan yang medium dengan terlebih dahulu memperhatikan lengkungan pada kaki kalian. Apabila lengkungan kaki rendah pilihlah bantalan sepatu yang tidak terlalu tinggi.

Namun jika lengkungan kaki tinggi, sebaiknya gunakan sepatu dengan bantalan yang lebih tebal. Kemudian busa pada bagian insole harus lembut karena akan terasa nyaman ketika kaki menyentuh lantai lapangan setelah melompat.

Dipasaran ada banyak merk sepatu bulu tangkis diantaranya Yonex, Lining, Flypower, RS, Victor, Mizuno dll, silahkan pilih sesuai dengan budget. Pemain sebaiknya membeli sepatu badminton original artinya jangan membeli KW atau tiruan.

Contohnya harga sepatu bulutangkis yonex original lebih mahal dibanding merk lain apabila budget tidak cukup, bisa memilih Lining atau merk lain namun original.

Karena jika mencari pelan pelan banyak sepatu bulutangkis murah berkualitas, yang modelnya tidak kalah dengan sepatu mahal, sehingga selain penampilan ketika dilapangan juga oke kakinya juga tidak cidera.

Sepatu pasangannya kaos kaki agar nyaman hindari kaos kaki dengan bahan yang tipis karena akan membuat lecet kaki ketika bergerak. Pilihlah kaos kaki yang lebih tebal selain nyaman, kaki akan terasa kesat atau tidak licin.

4. Tas Bulu Tangkis

Untuk membawa peralatan bulu tangkis raket, sepatu, kaos kaki, jersey, shuttlecock, air minum dan sebagainya tentu pemain membutuhkan tas bulu tangkis.

Menurut saya tas bulu tangkis ransel paling nyaman digunakan karena tas sejajar dengan bagian belakang badan terutama jika mengendarai roda dua.

Tas juga halnya dengan raket yang memiliki banyak merk ada tas raket badminton Lining, Flypower, Yonex, RS dan lain lain.

Memilih tas badminton yang bagus adalah dengan memperhatikan kualitas bahan tas, kemudian resliting yang digunakan. Jangan sampai tas jebol ketika membawa alat alat bulu tangkis tersebut.

5. Lapangan Bulu Tangkis

Lapangan bulu tangkis indoor bisa dengan sewa per jam harga sewa gor badminton bervariasi untuk lapangan dengan lantai kayu seperti gambar diatas biasanya 30 ribu per jam.

Sementara lapangan yang menggunakan karpet/vinyl harga sewa rata rata 35 ribu keatas. Atau jika ada halaman luas dapat membuat lapangan outdoor secara bergotong royong.

Yang jelas ukuran lapangan bulu tangkis harus mengikuti standar internasional dengan ukuran panjang keseluruhan 13,40 meter dan lebar lapangan bulu tangkis 6,10 meter.

Itulah ulasan singkat mengenai 5 peralatan utama yang dibutuhkan dalam bulu tangkis. Semoga bermanfaat sekian dan terimakasih.

Video yang berhubungan