Sebutkan kode etik seorang pesilat

Antara lain seorang pesilat tidak berbuat hal-hal yang dapat mencela diri sendiri, tidak memancing kericuhan, pembelaan diri merupakan prinsip utama dalam pencak silat, dan tidak mencari musuh. Dalam hal kode etik pencak silat, seorang pesilat harus melakukan hal berikut: 1. Harus menggunakan kepandaiannya untuk menolong orang. 2. Tidak boleh menonjolkan diri atau sombong, apalagi bertindak sewenang-wenang. 3. Tidak boleh mencari musuh atau mempunyai musuh. Hanya boleh memiliki lawan, tetapi bukan musuh, meskipun lawannya itu jahat. 4. Tidak boleh menyerang terlebih dahulu, Bahkan, harus menghindari bentrokan atau perselisihan sebab kemungkinan adanya kesalahpahaman.

Selain itu, pesilat itu tidak boleh adu tenaga jasmaniah atau tenaga rohaniah yang kasar.

Pencak silat merupakan warisan budaya nenek moyang. Keberadaannya saat ini harus dilestarikan. Oleh karena itu, dalam beladiri pencak silat pun terkandung seni budaya para leluhur. Hal yang berkaitan dengan seni, antara lain unsur adat, tradisi, hingga filsafat. 

Hal itu menjadi penyebab perbedaan gerakan silat antara suatu daerah dengan daerah lainnya di tanah air ini. Demikian pula dengan jenis musik yang mengiringi gerakan-gerakan silat yang seperti tarian lemah gemulai tersebut.

Selain itu, dalam pencak silat juga terkandung aspek olahraga. Sebagai salah satu cabang olahraga, pencak silat melangkah menjadi suatu jenis ‘gerak-badan’, senam atau jurus yang dapat dipertandingkan. Sebagai bela diri, pencak silat memang tumbuh berawal dari naluri manusia untuk melakukan pembelaan terhadap serangan fisik yang menghampirinya.

Seseorang yang menguasai pencak silat (pendekar) diharapkan mampu melindungi diri dari setiap serangan, atau bahkan bisa mendahului menyerang untuk menghindari ‘kerusakan’ yang lebih besar. Namun, segala upaya tersebut harus sejalan dengan prinsip-prinsip dan kode etik pencak silat.

Berikut prinsip-prinsip dan kode etik pencak silat:

a. Prinsip-Prinsip Bela Diri Pencak Silat

1) Seorang pesilat tidak berbuat hal-hal yang dapat mencela diri sendiri.

2)   Tidak memancing keributan.

3)   Pembelaan diri merupakan prinsip utama dalam pencak silat.

5)   Tidak pernah mundur apabila ada tantangan.

b. Kode Etik Seorang Pesilat

1)   Tidak boleh menyerang terlebih dahulu, bahkan harus menghindari perselisihan.

2)   Harus menggunakan kepandaian silat untuk menolong semua orang.

3)   Tidak boleh menonjolkan diri atau sombong, apalagi berlaku sewenang-wenang.

Lihat Foto

KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO

Pesilat andalan Indonesia, Sugianto bertanding pada laga final nomor seni perorangan putra di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (29/8/2018). Ia berhasil menyabet medali emas.

KOMPAS.com - Pencak silat merupakan seni bela diri tradisional yang menjadi budaya Indonesia. Di dalamnya, terselip unsur seni, filosofi, adat, hingga tradisi.

Oleh karena itu, pencak silat harus dijaga kelestariannya oleh masyarakat Indonesia.

Seni bela diri tradisional ini masuk ke dalam daftar cabang olahraga yang dilombakan baik di level nasional maupun internasional.

Prinsip-prinsip dalam Pencak Silat

Selain terkandung aspek olahraga, pencak silat memang tumbuh berawal dari naluri manusia untuk melakukan pembelaan terhadap serangan fisik yang menghampirinya.

Baca juga: Lama Pertandingan Pencak Silat

Seorang pesilat (pendekar) diharapkan mampu melindungi diri dari setiap serangan.

Dalam aspek ini tentu saja untuk menjaga keselamatan atau kesiagaan fisik dan mental yang dilandasai sikap kesatria, tanggap, dan mengendalikan diri.

Lihat Foto

Creative Commons/Agus Triyanto

Pesilat tingkat pendekar

Namun, sekalipun tidak ada peraturan tertulis pada pencak silat, tetapi ada semacam kode etik bagi semua pesilat, bila berhadapan dengan lawan harus memperhatikan prinsip-prinsip bela diri.

Mengutip dari buku Pencak Silat (2020) karya Tatang Muhtar, prinsip utama dalam pencak silat adalah pembelaan diri. Namun ada prinsip lain, yakni:

  1. Seorang pesilat tidak berbuat hal-hal yang dapat mencela diri sendiri
  2. Tidak memancing keributan
  3. Tidak mencari musuh
  4. Tidak pernah mundur apabila ada tantangan.

Baca juga: Elakan dalam Pencak Silat

Kode Etik Pencak Silat

Seperti yang dijelaskan, kendati tidak ada peraturan tertulis resmi, pesilat wajib memahami kode etik. Adapun kode etik yang terkandung dalam pencak silat adalah:

  1. Tidak boleh menyerang terlebih dahulu, bahkan harus menghindari perselisihan.
  2. Harus menggunakan kepandaian silat untuk menolong semua orang.
  3. Tidak boleh menonjolkan diri atau sombong, apalagi berlaku sewenang-wenang.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita berikutnya

4. Jelaskan 4 (empat) ciri khas remaja yang sedang berkembang! Jawab:​

BANTUANYA PLIZZZ ROM 1 AJA,BESOK DIKUMPULIN,JANGAN NGASAL​

BANTUANYA PLIZZZ ROM 1 AJA,BESOK DIKUMPULIN,JANGAN NGASAL​

BANTUANYA PLIZZZ ROM 1 AJA,BESOK DIKUMPULIN,JANGAN NGASAL​

negara manakah mendapatkan mendali emas, perak, dan perunggu pada sea games ke 3 di hanoi pada cabang olahraga sepak bola putra​

Jelaskan cara melakukan Spike dalam permainan bola voli​

pelatih sepak bola selain harus menguasai strategi dalam permainan juga harus menguasai berbagai macam menu latihan variasi supaya atlet yang tidak me … ngalami kejenuhan dalam latihan Buatlah variasi menendang dan menggiring dalam permainan sepak bola​

Sherly adalah peserta didik Pada Sekolah Menengah Pertama di Banjarnegara jarak antara rumah menuju ke sekolahan kurang lebih 10 m karena berada di pe … desaan sehingga tidak ada kendaraan umum yang melewati tempat Tinggi menuju ke sekolah sehingga dia harus menggunakan sepeda ke sekolah Menurut kamu bagaimana cara berkendara yang baik dan tepat yang harus dilakukan oleh Sherly Berikan alasannya​

2. Bagaimana cara melakukan gerakan langkah kaki biasa? Jawab:​

4. Sebutkan unsur-unsur yang berada di dalam senam irama! Jawab:​