Serangan dari pihak lawan dalam bola voli adalah

Sumber : https://olahragapedia.com/pengertian-blocking-dalam-voli

Bola voli merupakan cabang olahraga beregu yang di ciptakan oleh William G Morgan di Amerika Serikat pada tahun 1895. Sebagai olahraga beregu, agar dapat berprestasi sebuah tim bola voli tidak bisa hanya mengandalkan kemampuan individu para pemainnya, tetapi juga harus dibarengi dengan kekompakan bermain dalam sebuah tim. Oleh karena itu, sebuah tim harus bisa menerapkan sistem pola penyerangan maupun sistem pola pertahanan dengan baik untuk bisa meraih kemenangan. Berikut akan dibahas uraian lengkapnya. 

1. Pola Penyerangangan 

Pola penyerangan adalah suatu cara yang dipergunakan dalam suatu pertandingan untuk mencari kemenangan secara sportif. Pola penyerangan juga dianggap sebagai siasat yang digunakan masing-masing tim untuk mencetak point dan menjadi tim yang menang. Taktik-taktik penyerangan mencakup taktik secara individu maupun tim. Adapun prinsip dari penyerangan adalah upaya untuk mematikan bola di lapangan lawan dengan jalan apapun sesuai yang dengan strategi yang diperkenankan dalam peraturan permainan bola voli dan tetap sportif. Berikut dijelaskan mengenai pola serangan dalam permainan bola voli, sebagai berikut : 

A. Smash/spike

Smash atau spike adalah cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan untuk mencapai pukulan keras yang biasanya mematikan ke daerah lawan. Selanjutnya smash/spike diartikan sebagai upaya yang dilakukan dengan melakukan pukulan serangan yang sangat keras, terarah, dan butuh skill yang baik untuk mencetak angka. Untuk menjadi seorang spiker yang handal, dibutuhkan kegesitan dan kepandaian dalam melompat, serta memiliki kemampuan yang baik dalam memukul bola sekeras mungkin. Ada 4 jenis smash dalam bola voli yaitu frontal smash, (smash depan), frontal smash dengan twist (smash depan dengan memutar, variasi smash) dan dump (smash pura-pura). Dalam melakukan smash ada 4 tahap gerakan yang harus diperhatikan antara lain, sebagai berikut: 

1. Tahap pertama : run-up (lari menghampiri) 2. Tahap kedua: take-off (melompat) 3. Tahap ketiga: hit (memukul) 

4. Tahap keempat: landing (mendarat)

Sebelum membahas pola serangan dengan smash/spike, terlebih dahulu harus paham posisi pemain dalam sebuah tim bola voli. Sistem penyerangan dilihat dari posisi pemain dijelaskan dalam gambar sebagai berikut :

B. Macam-macam Pola Penyerangan dalam Bola Voli 

Dari jenis dan fungsi pemain di atas, dapat dijelaskan macam-macam pola penyerangan dalam bola voli sebagai berikut : 

1. Sistem 4 Sm-2 Su yaitu 4 Smasher (spiker)-2 Set-uper (setter) 

Pada sistem ini terdiri dari empat penyerang utama dan juga dua pemain sebagai pengumpan. Pada sistem ini biasanya pemain pengumpan dari tengah, yang terkadang mengumpan dari sisi kanan. 

Sistem Penyerangan 4 SM dan 2 SU

Komposisi pemain: 

  • SU1 – SU2 = set uper ke 1 dan ke 2 
  • SM1 - SM4 = smasher 1,2,3,4 
  • SM1 dan SM2 tempatnya harus berlawanan karena kemampuan dan kekuatannya hampir seimbang dalam produktivitas serangan terhadap lawan. 
  • SM3 lebih baik daripada SM1 sehingga ditugaskan membantu SM2 dimana kmampuan menyerangnya kurang dibanding SM1. 
  • SM4 membantu penyerangan SM1, sehingga dalam posisi bagaimanapun kekuatan menyerangnya seimbang dalam regu tersebut dalam putaran pemain

2.Sistem 4 Sm-1 U yaitu 4 Smasher (spiker)-1 Set-uper (setter)-1 Universal 

Pada sistem ini menempatkan empat penyerang utama, satu pemain pengumpan dan satu pemain serbabisa (mampu mengumpan dan menyerang). Pada sistem ini diharapkan penyerang lebih efektif dan cepat.

Komposisi pemain : 

  • SM4 = smasher terbaik 
  • SU dan U selalu berlawanan posisi dalam pergeseran posisi. 
  • U memiliki kemampuan yang seimbang. Dapat memberi umpan, namun tidak sebaik SU. Namun, kemampuan dalam smesh jauh lebih baik dibanding su. 
  • SM1 dan SM3 memiliki kemampuan smesh lebih baik dari SM2 dan SM4.  
  • SM3 lebih baik daripada SM1 sehingga ditugaskan membantu SM2 dimana kemampuan menyerangnya kurang dibanding SM1. 
  • SM4 membantu penyerangan SM1, untuk menyeimbangkan serangan.

3.Sistem Penyerang 5 Sm-1 Su yaitu 5 Smasher (spiker)-1 Set-uper (setter) 

Pada sistem ini menempatkan lima penyerang utama dan satu pemain pengumpan.

Sistem Penyerang 5 Sm-1 Su yaitu 5 Smasher (spiker)-1 Set-uper (setter)

  • SU harus bersilang dengan SM 5 
  • Selama SU dalam posisi di depan atau 3, 4, 
  • SM1 dan juga SM 2 ada pada posisi salah satunya untuk dapat diandalkan dalam penyerangan

Pola pertahanan merupakan upaya untuk bertahan dalam keadaan pasif menerima serangan dengan harapan tim lawan akan melakukan kesalahan dan akhirnya mengalami kekalahan.Sistem-sistem pertahanan antara lain sebagai berikut. 

a. Pola Bendungan 

Block jenis ini digunakan jika lawan memainkan penyerangan yang sangat cepat, cermat dan kuat, sehingga pihak bertahan tidak mempunyai kesempatan sama sekali untuk membantu teman melakukan block. 

b. Taktik-taktik membendung (block) 

Block dan sistem pertahanan harus mampu bekerja sama dengan baik jika ingin mengalahkan penyerangan yang mematikan dari pihak lawan. Block yang sering digunakan dalam permainan bola voli adalah sebagai berikut. 

1. Bendungan Satu Pemain 

Block jenis ini digunakan jika lawan memainkan penyerangan yang sangat cepat, cermat dan kuat, sehingga pihak bertahan tidak mempunyai kesempatan sama sekali untuk membantu teman melakukan block. 

2. Bendungan Dua Pemain 

Block jenis ini digunakan jika lawan memainkan penyerangan dengan ketepatan sasaran, sehingga pihak bertahan masih mempunyai kesempatan untuk membantu teman melakukan block.

3. Bendungan Tiga Pemain 

Block jenis ini digunakan jika menghadapi lawan yang tangguh memainkan penyerangan dengan smash-smash yang tajam, keras dan menukik. Sehingga diharapkan dengan adanya block yang banyak penyerangan dapat digagalkan.

c. Melindungi bola pantul (cover) 

Cover adalah pola bertahan menyelamatakan bola pantul dari pemain penyerang yang melambung kembali dari block (bendungan) lawan.Bola pantul harus diterima oleh pemain lain,biasanya dilakukan oleh libero (pemain yang bertugas untuk bertahan dibelakang, tidak diperbolehkan melakukan serangan). Cover juga bertujuan melindungi bola agar tidak jatuhdi area lapangan dari serangan tipuan lawan.

Pertanyaan:

Apakah prinsip dari taktik penyerangan dalam bola voli?

Jawablah pada kolom komentar di bawah ini, tulis nama dan kelas Anda sebelum menulis jawaban!

Pola Penyerangan dan Pertahanan Dalam Bola Voli – Pada pembahasan kali ini admin akan menjelaskan mengenai pola penyerangan dan pertahanan dalam permainan bola voli . Langsung saja kita pelajari pola penyerangan dan pertahanan dalam bola voli berikut ini.

Pengertian Pola Penyerangan dan Teknik – Tekniknya

Pola penyerangan adalah siasat yang digunakan oleh  masing – masing tim untuk mencetak poin dan menjadi tim yang menang. Taktik – taktik penyerangan mencakup taktik secara individu maupun tim.  Adapun prinsip dari penyerangan merupakan sebuah upaya untuk mematikan bola di lapangan lawan dengan jalan apapun sesuai yang di perkenankan dalam peraturan permainan bola voli namun  tetap sportif.

Melindungi Penyerang ( Cover )

Cover adalah  serangan dari pemain penyerang yang melambung kembali dari block bendungan lawan yang harus diterima oleh pemain seregunya secara bersama – sama. Tujuannya adalah untuk mengcover seluruh lapangan terhadap segala bola yang dilambungkan kembali dari block pihak lawan. Jarak antara kelompok – kelompok yang berkumpul disekitar penyerangan bergantung dari .

Teknik – Teknik Penyerangan

Smash merupakan  pukulan keras dan cepat untuk mematikan lawan sehingga lawan tidak mampu  untuk mengembalikan bola.  Terdapat  4 jenis smash, yaitu sebagai berikut :

  • Frontal smash ( smash depan )
  • Frontal smash dengan twist ( smash depan dengan memutar )
  • Samsh dari pergelangan tangan
  • Dump ( smash pura – pura )

Baca Juga :   Ketahuilah Waktu Yang Ideal Untuk Bersepeda

Dalam melakukan smash terdapat  4 tahap gerakan yang harus diperhatikan antara lain, yaitu  sebagai berikut :

  • Tahap pertama : run – up ( lari menghampiri )
  • Tahap kedua: take-off ( melompat )
  • Tahap ketiga: hit ( memukul )
  • Tahap keempat: landing ( mendarat )

Pengertian Pola Pertahanan dan Teknik – Tekniknya

Pola pertahanan adalah suatu  upaya untuk bertahan dalam keadaan pasif menerima serangan dengan harapan tim lawan akan melakukan kesalahan dan akhirnya akan mengalami kekalahan.

Berikut pola pertahanan dan tekniknya :

Pola Bendungan Berteman

Bendungan berteman merupakan  pola pertahanan yang dilakukan secara tim yang mencakup 2 aspek , yaitu : menerima smash lawan dan melindungi dengan block. Adapun jenis pertahanan yang paling penting adalah harus menerima bola dengan kedua belah lengan dengan  posisi berdiri.

Pola Bendungan ( Block )

Block dan sistem pertahanan harus dapat  bekerja sama dengan baik apabila  ingin mengalahkan penyerangan yang mematikan dari pihak lawan. Pola pertahanan Block yang sering dipakai dalam permainan bola voli adalah sebagai berikut :

Digunakan bila lawan memainkan penyerangan yang sangat cepat, cermat dan kuat yang membuat  pihak bertahan tidak memiliki kesempatan sama sekali untuk membantu teman  dalam melakukan block.

Teknik ini digunakan jika tim lawan memainkan pola penyerangan dengan ketepatan sasaran, yang membuat pihak bertahan masih mempunyai  kesempatan untuk membantu teman untuk melakukan block secara bersama.

Digunakan bila menghadapi lawan yang tangguh memainkan penyerangan dengan smash – smash yang tajam dan  juga keras sehingga blok – blok keras dari lawan mampu  digagalkan.

Demikianlah penjelasan mengenai Bola Voli : Pola Penyerangan dan Pertahanan Dalam Permainan Bola Voli semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Baca Juga :   Kumpulan Aplikasi Bokeh Video Download Full HD

Baca Juga :