Test pack berapa hari setelah berhubungan

Dikutip dari American Pregnancy Association bahwa kebanyakan dokter menganjurkan untuk menggunakan test pack paling tidak satu minggu dari hari pertama terlambat menstruasi.

Pasalnya, bila Anda hamil, tubuh membutuhkan waktu untuk meningkatkan kadar hCG.

Proses di dalam tubuh ini umumnya memakan waktu selama 7—12 hari setelah sel telur berhasil dibuahi oleh sperma.

Maka dari itu, tidak disarankan untuk Anda melakukan tes kehamilan langsung setelah berhubungan seksual dengan pasangan.

Waktu yang tepat untuk tes kehamilan

Banyak yang menganjurkan waktu tes dengan test pack sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Alasannya adalah bahwa urine di pagi hari mengandung konsentrasi hormon hCG yang tinggi.

Akan tetapi, Anda masih memiliki kesempatan untuk melakukannya di lain waktu, misalnya siang, sore, atau malam.

Pasalnya, kadar hormon hCG dalam tubuh akan akan tinggi dalam 3 bulan pertama kehamilan (trimester 1).

Ini memungkinkan Anda untuk melakukan waktu tes kehamilan dengan test pack kapan saja.

Penting untuk memilih alat cek kehamilan atau test pack yang sensitif atau tingkat keakuratannya tinggi.

Tingkat sensitivitas alat cek kehamilan ini dapat Anda lihat pada kemasan, dengan satuan ukuran mIU/ml (mili-International Unit per mililiter).

Pada umumnya, sensitivitas alat tes kehamilan berkisar antara 10 mIU/ml sampai 40 mIU/ml.

Semakin rendah angkanya, maka semakin sensitif alat tes kehamilan. Artinya, semakin cepat juga Anda mengetahui kapan kehamilan bisa terdeteksi.

  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hindari 4 Kesalahan Menggunakan Test Pack Ini

  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hindari 4 Kesalahan Menggunakan Test Pack Ini

Hindari 4 Kesalahan Menggunakan Test Pack Ini

Kehamilan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 28 Juni 2018

Halodoc, Jakarta – Periksa kehamilan sekarang ini sudah semakin mudah dengan adanya test pack.  Tanpa perlu repot-repot ke dokter, kamu sudah bisa mengetahui apakah kamu hamil atau tidak dengan menggunakan alat kecil ini. Cara menggunakannya pun cukup mudah.

Namun, test pack bisa juga menunjukkan hasil yang salah bila kamu menggunakannya dengan cara yang kurang tepat. Akibat hasil test pack yang salah, bisa-bisa kamu mengira dirimu belum hamil padahal kenyataannya sudah. Nah, agar hal ini tidak terjadi, hindari 4 kesalahan menggunakan test pack berikut:

1. Terlalu Awal Melakukan Tes

Walaupun cara menggunakannya cukup mudah, tapi bukan berarti kamu bisa menggunakan test pack dengan sembarangan. Untuk hasil yang akurat, kamu sebaiknya menggunakan alat ini pada waktu yang tepat.

Test pack baru bisa menunjukkan hasil positif bila hormon hCG dalam urine wanita sudah mencapai tingkat tertentu. Masalahnya, setiap wanita yang sudah hamil memiliki tingkat hCG yang berbeda-beda dalam urine mereka. Jadi, bila ingin menggunakan test pack, kamu sebaiknya menunggu waktu yang tepat, yaitu sampai kira-kira kadar hCG dalam urine kamu dapat terdeteksi oleh test pack.

Namun, sekarang ini alat test pack sudah semakin canggih. Beberapa alat lebih sensitif dan sudah bisa mendeteksi kadar hCG dalam urine, tujuh hari setelah telur dibuahi oleh sperma (konsepsi). Jadi, tunggulah minimal seminggu setelah berhubungan intim untuk menggunakan alat tes kehamilan ini.

Bila kamu yakin kamu sedang hamil, namun tes menunjukkan hasil negatif, jangan putus asa. Kamu bisa coba mengambil tes lagi di lain waktu. Karena itu, sebaiknya tunggulah beberapa hari sampai hormone hCG sudah berkumpul dalam urine, baru menggunakan test pack. Alat ini sudah teruji memiliki keakuratan yang cukup tinggi.

Baca juga: Selamat! 7 Tanda Ini Menandakan Kamu Positif Hamil

2. Terlalu Awal Membaca Hasil Tes

Banyak wanita yang tidak sabar menunggu hasil yang ditunjukkan oleh test pack, sehingga ketika garis kedua belum muncul, maka mereka langsung berasumsi belum hamil. Padahal, pada petunjuk penggunaan, sudah dituliskan bahwa hasil test pack akan keluar setelah beberapa saat.

Bagaimanapun juga, test pack perlu waktu beberapa saat untuk memproses urine kamu. Jadi, harap bersabar dan tunggulah sebentar, kira-kira 2-5 menit sebelum kamu menyimpulkan hasil tesnya. Namun, setiap produk bisa memerlukan waktu yang berbeda-beda. Jadi, lebih baik, bacalah kembali petunjuk pemakaian dengan seksama.

3. Menunggu Hasil Tes Terlalu Lama

Walaupun begitu, kamu juga tidak dianjurkan untuk menunggu hasil tes terlalu lama. Karena test pack perlu waktu beberapa saat untuk menunjukkan hasil, banyak wanita yang meninggalkan alat tersebut sebentar untuk mengerjakan kegiatan yang lain. Kemudian kembali lagi untuk memeriksa hasil test pack tanpa memperhatikan sudah berapa lama ia meninggalkan alat tersebut. Nah, hal ini bisa membuat test pack menunjukkan hasil yang salah.  

Biasanya hasil tes akan keluar sekitar 2-5 menit setelah pemakaian. Lewat dari waktu tersebut, tes masih akan tetap bekerja dan mungkin dapat mengubah hasil yang benar. Jadi, bila sudah lewat waktu yang lama sejak hasil tes keluar, sebaiknya jangan diteruskan penggunaan test pack. Kamu bisa melakukan tes lagi dengan alat yang baru.

4. Hanya Melakukan Tes Sekali Saja

Bila tanda-tanda kehamilan sudah kamu rasakan seperti terlambat haid, tidak enak badan, dan mual, namun hasil test pack menunjukkan negatif, tidak ada salahnya untuk melakukan tes ulang. Kamu mungkin saja sudah hamil, namun karena test pack belum mendeteksi adanya hormon hCG dalam urine kamu, hasilnya pun jadi negatif. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan tes berkali-kali untuk memastikan kebenaran hasil tes. Banyak wanita yang mendapatkan hasil negatif pada tes pertama, kemudian mendapatkan hasil positif pada tes kedua atau ketiga.

7 hari setelah berhubungan apakah bisa test pack?

Anda bisa memeriksa kehamilan dengan test pack di hari pertama Anda terlambat haid atau 1-2 minggu setelah berhubungan intim. Jika Anda memang hamil, diperkirakan pada waktu itu Anda sudah mencapai usia kehamilan 6 minggu. Selain itu, penggunaan test pack tidak disarankan untuk dilakukan pada siang hari.

1 minggu setelah berhubungan apakah bisa hamil?

Tanda kehamilan bisa mulai dikenali pada minggu pertama atau setelah berhubungan intim, Bunda. Namun, tak semua wanita bisa merasakannya atau memiliki tanda yang sama. Dokter biasanya akan mengecek kehamilan di minggu pertama melalui Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT).

3 hari setelah berhubungan apakah bisa hamil?

Kehamilan tidak bisa langsung terjadi saat itu juga atau hari dimana Anda melakukan hubungan seksual. Diperlukan jarak waktu sekitar 6 hari setelah berhubungan seks untuk sperma dan sel telur bertemu hingga terjadi pembuahan.